Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: PSSI Dibanned FIFA 8 Tahun, Benarkah?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 09:23 | 30.53k
CEK FAKTA: PSSI Dibanned FIFA 8 Tahun, Benarkah?
Informasi mengenai PSSI dibanned FIFA selama 8 tahun.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial dengan narasi tentang PSSI yang mendapat sanksi FIFA berupa banned selama 8 tahun sebagai akibat dari tragedi Kanjuruhan Malang. Video dengan narasi tersebut dibagikan oleh akun Facebook Timnas News pada 2 Oktober 2022.

Adapun narasi yang disertakan dalam video yang diunggah akun Timnas News adalah:

Sepak Bola Indonesia Berduka
Sanksi FIFA: PSSI di Banned FIFA 8 Tahun, Timnas Gagal ke Piala Asia dan Piala Dunia U-20

Unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 8700 kali, serta mendapat reaksi dari 156 akun dan dikomentari sebanyak 141.

cek-fakta-PSSI-Dibanned-FIFA-2.jpgSumber: https://www.facebook.com/timnasnewsupdate/videos/1121786978701739/

Benarkah informasi PSSI dibanned FIFA selama 8 tahun?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi PSSI dibanned FIFA selama 8 tahun, tidak benar. Faktanya, hingga saat ini, Rabu (26/10/2022) siang, FIFA tidak memberikan sanksi apapun kepada PSSI sejak tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang pada 1 Oktober 2022. 

Presiden FIFA Gianni Infantino dalam pernyataannya atas tragedi Kanjuruhan menyampaikan belasungkawa. Namun dalam pernyataannya, Presiden FIFA tidak menjatuhkan sanksi kepada PSSI.

"... I extend my deepest condolences to the families and friends of the victims who lost their lives following this tragic incident.... (Terjemahan: Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada keluarga dan teman-teman para korban yang kehilangan nyawa setelah insiden tragis ini)," kata Presiden FIFA Gianni Infantino, dikutip dari laman resmi FIFA.

“Together with FIFA and the global football community, all our thoughts and prayers are with the victims, those who have been injured, together with the people of the Republic of Indonesia, the Asian Football Confederation, the Indonesian Football Association, and the Indonesian Football League, at this difficult time (Terjemahan: Bersama FIFA dan komunitas sepak bola global, semua pikiran dan doa kami bersama para korban, mereka yang telah menjadi korban luka, bersama rakyat Republik Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia, Persatuan Sepak Bola Indonesia, dan Liga Sepak Bola Indonesia, pada saat yang sulit ini),” ucapnya.

cek-fakta-PSSI-Dibanned-FIFA-3.jpgSumber: FIFA President statement on the stadium tragedy in Indonesia | FIFA

Penegasan Indonesia tidak terkena sanksi FIFA disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Dikutip dari Tempo.co, Indonesia terbebas dari sanksi FIFA soal Tragedi Kanjuruhan. Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta, Jumat malam, 8 Oktober 2022.

"Berdasarkan surat (surat dari FIFA) tersebut, alhamdulillah, sepak bola Indonesia tidak dikenai sanksi oleh FIFA," kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers daring.

cek-fakta-PSSI-Dibanned-FIFA-4.jpgSumber: Indonesia Tak Kena Sanksi, Begini Isi Lengkap Surat FIFA untuk Presiden Jokowi | Tempo

Pemeriksaan atas klaim serupa juga telah dilakukan oleh Cek fakta Kompas.com.

cek-fakta-PSSI-Dibanned-FIFA-5.jpgSumber: [KLARIFIKASI] Belum Ada Sanksi FIFA untuk PSSI | Kompas

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi PSSI dibanned FIFA selama 8 tahun, tidak benar. Hingga Rabu (26/10/2022), FIFA tidak memberikan sanksi kepada PSSI. Bahkan Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia terbebas dari sanksi FIFA.

Menurut Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tentang penerima vaksin akan meninggal dunia dalam dua tahun dalam kategori Misleading content (konten menyesatkan). Konten ini dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES