Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Film Kartun The Simpsons Memprediksi Kematian Ratu Elizabeth II Terjadi Tahun 2022

Kamis, 22 September 2022 - 09:13 | 42.60k
CEK FAKTA: Salah, Film Kartun The Simpsons Memprediksi Kematian Ratu Elizabeth II Terjadi Tahun 2022
Tangkapan layar film kartun The Simpsons diklaim memprediksi kematian Ratu Elizabeth II tahun 2022.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar gambar tangkapan layar film kartun serial The Simpsons yang diklaim menunjukkan prediksi kematian Ratu Elizabeth akan terjadi tahun 2022. Tangkapan layar tersebut beredar di media sosial Twitter.

Akun Twitter @EglantineDupont mengunggah tangkapan layar film kartun The Simpsons tersebut pada 16 September 2022. Akun tersebut juga menambahkan cuitan berikut:

Who writes The Simpsons? How do they know this stuff?

Terjemahan:
Siapa yang menulis The Simpsons? Bagaimana mereka tahu hal ini?

Pantauan Cek Fakta TIMES Indonesia, hingga Rabu (21/9/2022) pukul 19:33 WIB, unggahan akun Twitter @EglantineDupont tersebut telah dibagikan ulang (retweet) sebanyak 8.611, dan dikomentari 949 kali, serta disukai lebih dari 32.300 kali.

Kartun-The-Simpsons.jpgSumber: https://twitter.com/EglantineDupont/status/1570797295184257026

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta, unggahan tersebut tidak benar. Faktanya, film kartun serial The Simpsons tidak pernah memprediksi kematian Ratu Elizabeth II terjadi pada tahun 2022.

Film The Simpsons adalah serial kartun Amerika Serikat yang tayang pertama kali pada 17 Desember 1989. Saat ini serial kartun tersebut memasuki season 34 pada 2022. Total ada 728 episode serial The Simpsons.

Melansir dari Insider.com, serial kartun ini telah beberapa kali memprediksi kejadian di masa depan. Contohnya, episode "When You Dish Upon a Star" yang tayang pada 1998, memperlihatkan  scene yang menampilkan kantor studio 20th Century Fox dengan papan bertuliskan "sebuah divisi dari Walt Disney Co." Berselang 19 tahun kemudian, studio 20th Century Fox  menjadi bagian dari Walt Disney Company.

Pada Desember 2017, Disney membeli 21st Century Fox dan mengakuisisi studio film milik Fox (20th Century Fox), serta sebagian besar aset produksi televisinya.

Kartun-The-Simpsons-2.jpgSumber: 21 times 'The Simpsons' accurately predicted the future | Insider

Namun dalam konteks kasus ini, mengutip Kompas.com, Serial The Simpsons tidak pernah memprediksi bahwa Ratu Elizabeth II akan meninggal dunia pada September 2022.

Kartun-The-Simpsons-3.jpgSumber: [HOAKS] The Simpsons Prediksi Kematian Ratu Elizabeth II | Kompas

Melansir Misbar.com, gambar yang diklaim memperlihatkan The Simpsons memprediksi kematian Ratu Elizabeth II adalah hasil rekayasa digital.

Tim Misbar melakukan reverse image search di Google, dan menemukan gambar tersebut adalah versi digital dari gambar lama, yang juga merupakan gambar palsu.

Gambar tersebut merupakan versi editan dari gambar hoaks yang dimaksudkan untuk membuktikan bahwa The Simpsons memprediksi kematian mantan Presiden AS Donald Trump.

Menurut The Simpsons Fandom Wiki, sebuah situs web yang merangkum semua episode serial tersebut, Ratu Elizabeth II muncul dalam 6 episode, dan disebutkan atau disinggung dalam 3 episode lainnya.

Tim Misbar dengan teliti membaca sinopsis setiap episode dan menemukan bahwa tidak ada episode yang memprediksi kematian Ratu Elizabeth II.

Kartun-The-Simpsons-4.jpgSumber: ‘The Simpsons’ Did Not Predict the Death of Queen Elizabeth II | Misbar

Pemeriksaan atas klaim serupa juga dilakukan oleh Turnbackhoas.id. ([SALAH] Serial The Simpsons Prediksi Kematian Ratu Elizabeth II Pada Tahun 2022 | Turnbackhoax)

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, gambar tangkapan layar yang diklaim menunjukkan film kartun serial The Simpsons memprediksi kematian Ratu Elizabeth II terjadi pada 2022 adalah salah alias hoaks. 

The Simpsons tidak pernah memprediksi kematian Ratu Elizabeth II. Sedangkan gambar yang diunggah akun Twitter @EglantineDupont tersebut merupakan hasil editan atau suntingan dari gambar hoaks yang pernah beredar, dan diklaim memprediksi kematian mantan Presiden AS Donald Trump.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori fabricated content (konten palsu). Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggungjawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES