Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Suara Pertengkaran Ferdy Sambo dan Istri di Magelang

Jumat, 02 September 2022 - 09:13 | 46.82k
CEK FAKTA: Salah, Suara Pertengkaran Ferdy Sambo dan Istri di Magelang
Suara percakapan dalam bentuk video yang diklaim sebagai suara Ferdy Sambo bertengkar dengan istrinya, saat berada di Magelang. 

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video slide disertai suara percakapan berdurasi 29 detik yang diklaim sebagai suara Ferdy Sambo bertengkar dengan istrinya, Putri Candrawathi, saat berada di Magelang. 

Video suara percakapan tersebut beredar di TikTok disertai narasi: PERTENGKARAN FS Dan PC di Magelang Yg menyebabkan PengEKSEKUSIAN Brig J. Di Duren Tiga.

Akun Tiktok @aiambitlangdongham juga menyertakan narasi dalam keterangan video sebagai berikut:

sebelum terjadi penembakan Duren Tiga  #fs #ferdysambo #brigadirj #durentiga #layanganputus #fyp ngakakkkk 

cek-fakta-Suara-Pertengkaran-Ferdy-Sambo.jpgSumber: https://www.tiktok.com/@aiambitlangdongham/video/7135613565494463770?is_from_webapp=v1&item_id=7135613565494463770

Benarkah klaim tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, video slide dengan suara tersebut merupakan hasil edit atau sunting dengan menambahkan suara (audio) yang memperdengarkan pertengkaran laki-laki dan perempuan. 

Mengutip Turnbackhoax.id, suara atau audio yang muncul pada video tersebut merupakan dialog dari film Layangan Putus.

cek-fakta-Suara-Pertengkaran-Ferdy-Sambo-2.jpgSumber: [SALAH] Rekaman Suara Pertengkaran Ferdy Sambo dan Istrinya di Magelang | Turnbackhoax

Mengutip jawapos.com, rekaman dalam versi asli dapat dilihat di kanal YouTube milik WeTV Indonesia yang diunggah awal tahun lalu. Judulnya berbunyi, Layangan Putus | Eksklusif Video Part1 One Take It’s My Dream | WeTV Original.

cek-fakta-Suara-Pertengkaran-Ferdy-Sambo-3.jpgSumber: Layangan Putus | Eksklusif Video Part1 One Take It's My Dream | WeTV Original | WeTV Indonesia/YouTube

Rekaman itu dapat didengarkan pada video yang merujuk waktu 2 menit 21 detik. Percakapan tersebut dibawakan oleh dua aktor kawakan, yakni Reza Rahadian dan Putri Marino.

cek-fakta-Suara-Pertengkaran-Ferdy-Sambo-4.jpgSumber: Cuplik Suara Film Layangan Putus, Bukan Pertengkaran Ferdy Sambo | JawaPos

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, video slide disertai suara percakapan berdurasi 29 detik yang diklaim suara Ferdy Sambo bertengkar dengan Putri Candrawathi, salah. Rekaman suara dalam video tersebut merupakan potongan dialog di film Layangan Putus. Bukan suara pertengkaran Ferdy Sambo dengan Putri Candrawathi di Magelang.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Manipulated Content (Konten Manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau red[email protected] (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES