Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Benarkah Ramuan Bawang Putih, Kunyit, Jahe, dan Madu Bisa Membersihkan Nikotin dan Tar di Paru-Paru?

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 16:37 | 48.88k
CEK FAKTA: Benarkah Ramuan Bawang Putih, Kunyit, Jahe, dan Madu Bisa Membersihkan Nikotin dan Tar di Paru-Paru?
Informasi di media sosial tentang ramuan pembersih nikotin dan tar di paru-paru.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial tentang ramuan bawang putih, kunyit, jahe, dan madu bisa membersihkan nikotin dan tar di paru-paru.

Informasi tersebut dibagikan oleh pengguna akun Facebook Dawenk Asep (https://www.facebook.com/dawenk.asep) pada 11 Agustus 2022. Akun tersebut membagikan postingan yang diunggah akun Umi Pipik Dian Irawati.

Dalam postingannya, dijelaskan soal ramuan dari sejumlah bahan yakni bawang putih, kunyit, jahe, dan madu. Ramuan bahan-bahan tersebut diolah untuk dikonsumsi secara rutin.

Adapun narasi yang beredar sebagai berikut:

Ramuan Ini  Pembersih  Nikotin dan Tar di Paru-paru 
Wajib Bagi Para Perokok 
Bahan- bahan :  bahan-bahan berupa bawang putih, kunyit, jahe, dan madu.
Caranya:  
1. Siapkan terlebih dahulu 400 gram bawang putih, dua sendok teh kunyit, jahe satu inci (2,5 cm), madu 400 gram serta satu liter air.
2. Rebus air, lalu campurkan potongan bawang dan parutan jahe ke dalam air rebusan, diamkan hingga air mendidih.
3. Setelah air mendidih campurkan lagi kunyit yang telah dihaluskan kemudian angkat dan dinginkan.
4. Air rebusan yang telah dingin disaring untuk memisahkan
 ampasnya.Baru campur madunya
5. Air rebusan sebaiknya dimasukkan ke dalam botol dan simpan di lemari es.
Cara mengonsumsinya : minum air rebusan sebanyak dua kali sehari pada pagi hari sebelum makan dan malam hari setelah makan (ringan). Dosis yang dianjurkan cukup dua sendok makan setiap kali minumnya.
Rutin mengonsumsi air rebusan itu akan membantu menghilangkan racun di paru-paru akibat kebiasaan merokok. Adapun kandungan dalam bahan-bahan yang digunakan seperti jahe yang memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan sejak kuno
Silhkan SHARE-ya Kali aja ada sahabat/saudara kita yang ingin mencoba pengobatan secara alami 
Insya Allah akan ada nyawa yang terselamatkan berkat info yang kita bagikan ini Aamiin...
Semoga bermanfaat

cek-fakta-ramuan-pembersih-paru-paru-3.jpgSumber: https://www.facebook.com/dawenk.asep/posts/pfbid0ZofRhBmCcxjbRnN3jqDYQqvC12MP79qEgQutMxv49F9Da1TqdSs8GcQZ6SDEcEv6l

Benarkah informasi tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, informasi tentang ramuan bawang putih, kunyit, jahe, dan madu bisa  membersihkan nikotin dan tar di paru-paru, salah. Informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Penelusuran dengan mesin pencari ditemukan pendapat para pakar atas klaim tersebut. Dokter spesialis paru yang juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Agus Dwi Susanto, mengatakan, klaim ramuan bawang putih dan bahan-bahan rempah lain dapat membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar akibat merokok adalah tidak benar. 

Ia mengatakan belum ada bukti ilmiah mengenai ramuan tersebut bisa membersihkan tar dan nikotin. "Kurang tepat informasi tersebut. Sejauh ini belum ada bukti ilmiahnya," kata Agus, Senin (27/9/2021), dikutip dari kompas.com.

Agus mengatakan, kunci membersihkan paru-paru dari nikotin dan tar bagi perokok adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. "Kunci membersihkan nikotin dan tar bagi perokok adalah berhenti merokok," ujarnya.

Agus menjelaskan, jika kebiasaan merokok tidak dihentikan maka paru-paru akan tetap kotor meski perokok meminum ramuan tersebut setiap hari.

"Asupannya nikotin dan tar masuk terus, ya tetap membuat kerusakan. Belum lagi bahan-bahan lain seperti partikulat matter (PM) dari asap rokok yang bersifat oksidatif dan merangsang peradangan saluran napas, paru dan organ-organ lain tetap menimbulkan bahaya kesehatan," jelas Agus.

cek-fakta-ramuan-pembersih-paru-paru.jpgSumber: [HOAKS] Ramuan Bawang Putih Bisa Bersihkan Paru-paru dari Nikotin dan Tar akibat Rokok | Kompas

Masih kata Agus, Kalau di medis semua harus evidence base. Berbasis bukti. Yaitu sudah dibuktikan dengan penelitian-penelitian dan hasilnya betul terbukti. Dia menegaskan bahwa hingga kini belum ada cara yang sudah teruji ilmiah bisa membersihkan paru-paru dari bahan kimia yang berasal dari rokok.

cek-fakta-ramuan-pembersih-paru-paru-2.jpgSumber: Viral! Ramuan Pembersih Paru-paru bagi Perokok, Benar Bisa Nggak Sih? | Detik

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, informasi tentang ramuan bawang putih, kunyit, jahe, dan madu bisa membersihkan nikotin dan tar di paru-paru, salah. Informasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. 

Ahli paru dr Agus Dwi Susanto mengatakan belum ada cara yang teruji secara ilmiah bisa membersihkan paru-paru dari bahan kimia yang berasal dari rokok.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori misleading content (konten menyesatkan). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES