Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Jokowi Didemo Pengunjuk Rasa di Jerman

Selasa, 05 Juli 2022 - 09:25 | 74.06k
CEK FAKTA: Salah, Jokowi Didemo Pengunjuk Rasa di Jerman
Tautan disertai narasi yang menyatakan bahwa Jokowi didemo saat berada di luar negeri.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar narasi di media sosial yang menyatakan bahwa Jokowi didemo saat berada di luar negeri. Narasi tersebut dicuitkan akun Twitter @Ardiesuhardi1 pada 27 Juni 2022.

Berikut narasi yang diunggah akun Twitter @Ardiesuhardi1:

JOKOWI DILUAR NEGERIPUN DI DEMO

#PresidenBebekLumpuh
#PresidebBebekLumpuh

 

Mampus lho...?!

Pengguna akun @Ardiesuhardi1 juga  mengunggah tautan dari babe[dot]news dengan judul Kedatangan Jokowi di Jerman Disambut Demo Besar-besaran, 20 Ribu Orang Tumpah Ruah di Jalan.

cek-fakta-Jokowi-Didemo-di-Jerman.jpgSumber: https://twitter.com/Ardiesuhardi1/status/1541329763083571201  

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, demo yang dinarasikan akun @Ardiesuhardi1 tersebut bukan merupakan demo yang ditujukan kepada Jokowi. 

Aksi demonstrasi tersebut menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan. Adapun ketujuh negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

cek-fakta-Jokowi-Didemo-di-Jerman-2.jpgSumber: Thousands of protesters arrive as G7 convenes in Germany | Al Jazeera

Berita unjuk rasa di kota Garmisch-Partenkirchen, Jerman selatan, di dekat tempat pertemuan para pemimpin negara G7, menuntut tindakan terhadap perubahan iklim.

cek-fakta-Jokowi-Didemo-di-Jerman-3.jpgSumber: Hundreds protest for climate justice as G7 leaders meet in Bavaria | Reuters

Penelusuran terhadap tautan artikel dalam cuitan @Ardiesuhardi1, menunjukkan bahwa isi artikel tidak menyatakan bahwa demo yang dilakukan ditujukan kepada Jokowi. Artikel tersebut menjelaskan tuntutan dari ribuan demonstran Jerman kepada para pemimpin negara anggota G7. Tuntutan yang disuarakan meliputi penghapusan bahan bakar fosil, pelestarian keanekaragaman hayati dan keadilan sosial serta upaya lebih besar untuk memerangi kelaparan. 

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta, demonstrasi yang dinarasikan akun Twitter @Ardiesuhardi1 tersebut bukan ditujukan kepada Jokowi. Demo tersebut menuntut para pemimpin negara anggota G7 untuk berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia berupa invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan.

---

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES