Cek Fakta

Tak Hanya Ajak Tertib di Jalan, Operasi Patuh Semeru juga Awasi Lalu Lintas Hewan Kurban 

Jumat, 10 Juni 2022 - 22:53 | 43.31k
Tak Hanya Ajak Tertib di Jalan, Operasi Patuh Semeru juga Awasi Lalu Lintas Hewan Kurban 
Mobil Incar Satlantas siap beroperasi dalam Operasi Patuh Semeru 2022 di Kota Probolinggo (FOTO: Satlantas Polres Probolinggo Kota For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOOperasi Patuh Semeru 2022 akan digelar 13-26 Juni 2022. Di Kota Probolinggo, Jatim, operasi tak hanya mengajak masyarakat tertib berlalu lintas. Polisi juga mengawasi lalu lintas hewan kurban berkaitan dengan adanya Penyalit Mulut dan Kuku atau PMK

Ada beberapa sasaran dalam operasi patuh 2022 kali ini, yakni para pengendara yang tidak tertib berlalu lintas.  

Meliputi pengendara yang melawan arus, kendaraan berknalpot brong atau knalpot yang tidak standar, kendaraan berplat hitam yang menggunakan lampu rotator, dan balap liar atau kebut-kebutan 

AKP-Roni-Faslah-Kasatlantas-Polres-Probolinggo-Kota.jpgKegiatan preemtif , AKP Roni Faslah Kasatlantas Polres Probolinggo Kota saat memberikan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada siswa-siswi SMK Negeri 4 Kota Probolinggo (Foto : Satlantas Polres Probolinggo Kota For TIMES Indonesia)

Selanjutnya, pengendara yang menggunakan HP saat berkendara, tidak mengenakan helm standar atau SNI, tidak memakai sabuk pengaman, dan berboncengan motor lebih dari satu orang. 

Kasat Lantas Polres Probolinggo Kota, AKP Roni Faslah mengatakan, terhadap semua pelanggaran tersebut akan diberlakukan tilang elektronik atau ETLE, dan juga tilang manual. 

Namun, dalam operasi patuh kali ini, Satlantas Polres Probolinggo Kota tetap mengutamakan tindakan preemtif dan preventif. Oleh karenanya para pengendara harus bersiap untuk ini. 

Operasi-Tertib-Lalu-Lintas-oleh-Salantas-Polres-Probolinggo-Kota.jpgOperasi Tertib Lalu Lintas oleh Salantas Polres Probolinggo Kota (FOTO: Satlantas Polres Probolinggo Kota For TIMES Indonesia)

“Dalam operasi patuh 2022 ini, polisi mengedepankan tindakan preemtif dan preventif,” kata Roni melalui pesan singkat. 

“Satlantas Polres Probolinggo Kota juga menggandeng beberapa pihak dalam menyosialisasikan tertib berlalu lintas. Di antaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, alim ulama dan juga sekolah," tambahnya. 

Operasi patuh 2022 di Kota Probolinggo ini juga akan menyasar tempat-tempat keramaian, tempat mobilitas dan penyebaran PMK, dan tempat-tempat terjadinya banyak pelanggaran. 

“Kami menyasar tempat-tempat tersebut karena operasi ini bertujuan mewujudkan ketertiban masyarakat,” kata Roni. 

Ia berharap, agar masyarakat berubah untuk selalu disiplin berlalu lintas. “Dimulai dari mana? Ya dimulai dari diri sendiri,” harapnya perihal Operasi Patuh Semeru 2022. (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES