Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Foto Ibu yang Ajak Anak Kandungnya Bersetubuh

Kamis, 09 Juni 2022 - 16:02 | 162.04k
CEK FAKTA: Salah, Foto Ibu yang Ajak Anak Kandungnya Bersetubuh
Narasi dan tautan situs yang berisi konten menyesatkan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar narasi di media sosial Facebook yang menginformasikan mengenai seorang ibu yang mengajak anaknya untuk bersetubuh dengan disertai juga dengan foto seorang perempuan sedang ditangkap oleh polisi. 

Narasi tersebut dibagikan oleh akun Riken Ombo Riken Ombo di Grup PANGANDAN TERKINI pada 31 Mei 2022. 

Dalam narasi tersebut juga mencantumkan tautan dari situs WAKTU-BACA[dot]XYZ berjudul “Nafsu Sehari Harus Main 4 kali, Seorang Ibu Malah Ajak Anak Kandungnya Bersetubuh Karena Sudah Tak Tahan “.

Berikut narasi lengkap yang diposting akun Riken Ombo Riken Ombo:

Nafsu Sehari Harus Main 4 kali, Seorang Ibu Malah Ajak Anak Kandungnya Bersetubuh Karena Sudah Tak Tahan. Pangandaran

cek-fakta-ibu-Ajak-Anak-Kandung.jpgSumber: https://www.facebook.com/groups/2235392196520929/posts/5304858519574266

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta, foto yang diunggah tersebut bukanlah ibu yang mengajak anaknya bersetubuh. Foto yang dibagikan merupakan ibu yang terkena kasus penyiraman air panas kepada anak kandungnya. 

Mengutip Kompas.com, seorang ibu rumah tangga di Desa Meninting, Lombok Barat, NTB diamankan polisi karena kasus dugaan penganiayaan.

Korban adalah anak kandung pelaku yang masih berusia 10 tahun. Penganiayaan terjadi pada Desember 2020. Ibu tersebut menyiram anaknya dengan air panas hingga kulit bocah 10 tahun itu melepuh. DW, inisial ibu itu, ditetapkan sebagai tersangka.

cek-fakta-ibu-Ajak-Anak-Kandung-2.jpgSumber: 4 Fakta Kasus Ibu Siram Anak dengan Air Panas, Jambak Rambut hingga Nenek Korban Lapor Polisi | Kompas

Pemeriksaan atas hal serupa juga dilakukan Turnbackhoax.id, dalam artikelnya berjudul [SALAH] Foto Ibu Yang Mengajak Bersetubuh Anak Kandungnya. Turnbackhoax memeriksa informasi serupa yang dibagikan akun Villa Chipoy di Facebook.

cek-fakta-ibu-Ajak-Anak-Kandung-3.jpgSumber: [SALAH] Foto Ibu Yang Mengajak Bersetubuh Anak Kandungnya | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta, foto yang dibagikan bukan foto ibu yang mengajak anaknya untuk bersetubuh, melainkan foto ibu di Lombok yang menyiram anak kandungnya dengan air panas hingga kulit si anak melepuh.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES