Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Polisi Swiss Temukan Eril Kamil di Sungai Aare Swiss

Rabu, 08 Juni 2022 - 16:23 | 226.16k
CEK FAKTA: Salah, Polisi Swiss Temukan Eril Kamil di Sungai Aare Swiss
Artikel yang mengklaim Polisi Swiss telah menemukan Eril Kamil di Sungai Aare Swiss.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Artikel berjudul “Detik-detik Polisi Maritim Swiss Menemukan Eril Kamil Di Sungai Aare Swiss” tayang di situs suara-tribun[dot]my[dot]id pada 31 Mei 2022.

Dalam artikel tersebut memuat kolase foto yang memperlihatkan dua petugas mengevakuasi mayat yang mengambang di sungai. Foto lainnya memperlihatkan dua petugas yang berdiri di samping jenazah  terbungkus kain putih.

Foto lainnya menunjukkan wajah Emmeril Khan Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tertulis dalam kolase foto tersebut: PENCARIAN ERIL DI HARI KE-6 POLISI MARITIM SWISS TEMUKAN ERIL.

cek-fakta-eril.jpgSumber: https://www.suara-tribun.my.id/2022/05/detik-detik-polisi-maritim-swiss.html

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, kolase foto dengan klaim polisi maritim Swiss menemukan Eril di Sungai Aare, tidak benar alias hoaks. 

Mengutip Tempo.co, kolase foto tersebut tidak terkait dengan Eril yang dinyatakan hilang di Sungai Aare. Foto-foto tersebut melainkan penemuan mayat di sungai Msunduzi, Afrika Selatan, pada Agustus 2014 serta penemuan mayat wanita Kenya yang tinggal di AS pada 2018.

Foto yang memperlihatkan dua orang petugas mengevakuasi jenazah yang mengambang di sebuah sungai telah beredar di internet sejak 2014. 

cek-fakta-eril-2.jpgSumber: Keliru, Kolase Foto Polisi Maritim Swiss Temukan Jasad Eril di Sungai Aare | Tempo

Foto yang identik pernah dimuat situs capitalnewspaper.co.za pada 12 Agustus 2014 dengan judul “Body found floating in the Msunduzi river”. Keterangan dalam foto tersebut “Sersan Fred Brand dan Warrant Officer Michael Bennett memulihkan jenazah dari sungai Msunduzi”.

cek-fakta-eril-3.jpgSumber: Body found floating in the Msunduzi river | Capital Newspaper

Foto yang memperlihatkan dua petugas yang berdiri di samping jenazah terbungkus kain putih, pernah dimuat situs kenyans.co.ke pada 25 September 2018 dengan judul, “Kenyan Woman in US Found Dead After Missing for 1 Month.” 

Menurut situs tersebut, seorang wanita Kenya yang tinggal di AS ditemukan tewas setelah keluarganya melaporkan dia hilang satu bulan lalu.

cek-fakta-eril-4.jpgSumber: Kenyan Woman in US Found Dead After Missing for 1 Month | Kenyans

KESIMPULAN

Hasil penelusuran tim Cek Fakta, foto-foto tersebut tidak terkait dengan Emmeril Khan Mumtadz (Eril), putra Gubernur Jawa Barat  Ridwan Kamil yang dinyatakan hilang di Sungai Aare. Faktanya, foto-foto tersebut merupakan peristiwa berbeda. Pertama, berkaitan dengan penemuan mayat di sungai Msunduzi, Afrika Selatan pada Agustus 2014. Foto lainnya mengenai penemuan mayat perempuan Kenya yang tinggal di AS pada 2018.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 24 media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES