Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Presiden AS Menjemput PM Singapura Sementara Jokowi Hanya Dijemput Dubes

Jumat, 20 Mei 2022 - 09:37 | 58.40k
CEK FAKTA: Salah, Presiden AS Menjemput PM Singapura Sementara Jokowi Hanya Dijemput Dubes
Artikel tentang PM Singapura dijemput oleh Presiden AS, sedangkan Jokowi Hanya dijemput Dubes, merupakan konten yang menyesatkan.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar tautan artikel yang diunggah oleh akun Twitter @keuangannews_id pada 13 Mei 2022 tentang Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersedia menjemput Perdana Menteri (PM) Singapura ketika mendarat di bandara, sedangkan Presiden Joko Widodo hanya dijemput oleh Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk AS. 

Dalam unggahan tautan tersebut juga disertakan foto Presiden Biden dengan PM Singapura Lee Hsien Liong.

Berikut narasi dalam unggahan akun Twitter @keuangannews_id:

“Presiden AS Menjemput PM Singapura, sementara Jokowi hanya Dijemput Dubes Indonesia untuk AS. Ada Apa?”

cek-fakta-Presiden-Amerika-Serikat.jpgSumber: https://twitter.com/keuangannews_id/status/1525078949088444418

cek-fakta-Presiden-Amerika-Serikat-2.jpgSumber: https://keuangannews.id/presiden-as-menjemput-pm-singapura-sementara-jokowi-hanya-dijemput-dubes-indonesia-untuk-as-ada-apa/

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada pernyataan resmi dari situs resmi Gedung Putih Amerika Serikat maupun Kantor Perdana Menteri Singapura bahwa Biden menjemput Lee di bandara. 

Situs resmi Gedung Putih hanya menyatakan bahwa Biden akan menyambut seluruh kepala negara ASEAN di Gedung Putih. Sedangkan situs resmi Kantor Perdana Menteri Singapura hanya memberitakan rencana keberangkatan Lee ke Amerika Serikat.

cek-fakta-Presiden-Amerika-Serikat-3.jpgSumber: PM Lee Hsien Loong to visit the United States of America for the ASEAN-US Special Summit (10 to 14 May 2022) | PMO

Foto yang terdapat dalam unggahan tersebut merupakan foto Biden dan Lee di Gedung Putih. Saat itu Biden menyambut kepala negara ASEAN yang lain, termasuk Jokowi. Lee dan Jokowi juga mengunggah foto mereka bersama Biden dengan latar belakang yang sama di akun Twitter masing-masing.

cek-fakta-Presiden-Amerika-Serikat-4.jpgSumber: FACT SHEET: U.S.-ASEAN Special Summit in Washington, DC | The White House

cek-fakta-Presiden-Amerika-Serikat-5.jpgSumber: Twitter/@leehsienloong

cek-fakta-Presiden-Amerika-Serikat-6.jpgSumber: Twitter/@jokowi

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, tidak ada pernyataan resmi dari situs resmi Gedung Putih AS maupun Kantor PM Singapura bahwa Presiden Joe Biden menjemput Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Menurut mis/disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi tersebut termasuk dalam kategori Konten Menyesatkan (Misleading Content). Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi. Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES