Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Video Kepadatan Arus Mudik di Tol Cikampek

Jumat, 29 April 2022 - 09:07 | 124.17k
CEK FAKTA: Salah, Video Kepadatan Arus Mudik di Tol Cikampek
Video kepadatan arus mudik di Tol Cikampek yang beredar di media sosial.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar video di media sosial dengan narasi kepadatan Tol Cikampek ke arah luar Jakarta. Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook Yoko (https://www.facebook.com/yoko.perjuangan) pada 24 April 2022.

Dalam video berdurasi 30 detik tersebut, terlihat kemacetan panjang kendaraan di suatu jalan. Adapun narasi yang dibagikan menyertai video yang diunggahnya sebagai berikut:

Kepadatan Tol Cikampek, ke arah luar Jakarta.
Selamat buat yg sdh terima THR
Buat yg mudik hari ini, Hati² di jalan, enjoy bersama keluarga tercinta.
Jgn lupa yg mau mudik utk fullkan bensin dulu n siapkan kondisi kendaraan anda.

cek-fakta-Kepadatan-Arus-Mudik.jpgSumber: https://www.facebook.com/yoko.perjuangan/posts/3241422892800456

Video serupa juga dibagikan akun Twitter @raynoldsurbakti pada 24 April 2022. Akun tersebut mengunggah cuitan berupa video yang diklaim sebagai kepadatan Tol Cikampek ke arah luar Jakarta jelang mudik.  

cek-fakta-Kepadatan-Arus-Mudik-2.jpgSumber: https://twitter.com/raynoldsurbakti/status/1518069677716832257

Benarkah kepadatan kendaraan dalam video tersebut terjadi di Tol Cikampek?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta, video yang dengan klaim kepadatan di Tol Cikampek arah ke laur Jakarta, salah. Video kemacetan tersebut tidak terjadi di Tol Cikampek.

Mengutip dari Merdeka.com, Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru Santoso mengklarifikasi bahwa kemacetan panjang pada Maret 2022 terjadi sebagai imbas diberlakukannya sistem satu arah (one way).

“Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta, pada 27 Maret 2022 (sebelum bulan puasa)," ujarnya. 

Ia menerangkan, pada saat itu terjadi kepadatan lalin arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta. 

"Hal ini berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi, di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” jelas Heru.

cek-fakta-Kepadatan-Arus-Mudik-3.jpgSumber: Jasa Marga: Video Viral Macet Panjang itu di Tol Jagorawi, Kejadian Sebelum Ramadan | Merdeka

Melansir inews.id, ditemukan video serupa, tetapi diberikan keterangan sebagai kemacetan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada 23 April 2022. Video tersebut direspons dari KBO Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jabar AKBP Bayu Catur Prabowo pada 25 April 2022.

Dia memastikan bahwa arus lalu lintas mulai dari Jumat, hingga Minggu, jumlah kendaraan yang melintas di Cikatama menuju Cipali tidak lebih dari 40.000 kendaraan.

"Kalau di bagi 24 jam, itu hanya sekitar 2.000 kendaraan perjam. Itu masih masuk batas normal," ujar AKBP Bayu Catur Prabowo.

cek-fakta-Kepadatan-Arus-Mudik-4.jpgSumber: Beredar Video Kemacetan Sangat Panjang di Tol Cipali, Polda Jabar: Itu Hoaks! | iNewsJabar

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, video yang dengan klaim kepadatan di Tol Cikampek, salah. Faktanya, pihak Jasa Marga mengonfirmasi video kemacetan tersebut terjadi di Jalan Tol Jagorawi KM 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022.  

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut termasuk dalam kategori false context (konteks keliru). False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES