Cek Fakta Fakta atau Hoaks

CEK FAKTA: Salah, Kuesioner HUT ke-50 Bimoli Berhadiah Rp2 Juta

Sabtu, 05 Maret 2022 - 09:00 | 116.31k
CEK FAKTA: Salah, Kuesioner HUT ke-50 Bimoli Berhadiah Rp2 Juta
Tautan kuesioner berhadiah Rp2 juta yang mengatasnamakan Bimoli.

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beredar tautan atas nama Bimoli yang berisi kuesioner berhadiah Rp2 juta. Tautan atau link tersebut beredar di media sosial Whatsapp melalui secara berantai. 

Adapun narasi yang terdapat dalam pesan tersebut sebagai berikut:

Perayaan HUT ke-50 Bimoli!
Melalui kuesioner, Anda akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan 2000000 Rupiah.

cek-fakta-bimoli-2.jpgSumber: WhatsApp

Benarkah hal tersebut?

CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta TIMES Indonesia, kuesioner berhadiah yang mengatasnamakan Bimoli tersebut, tidak benar alias palsu. Penelusuran kami menemukan pernyataan resmi dari Bimoli.

Melalui akun instagram resmi @kilaubimoli, Bimoli menegaskan pihaknya tidak melakukan kuis apapun termasuk perayaan HUT ke-50 dengan membagikan uang senilai Rp2 juta.

cek-fakta-bimoli-3.jpgSumber: Story Instagram/@kilaubimoli

Sebagai informasi, pertama kali Bimoli dikenalkan ke pasar Indonesia pada tahun 1968. Artinya, saat ini perusahaan yang memproduski minyak goreng tersebut telah berusia 54 tahun, bukan 50 tahun.

cek-fakta-bimoli-4.jpgSumber: Bimoli | Tentang Kami

KESIMPULAN

Hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia,tautan yang mengatasnamakan Bimoli berisi kuesioner berhadiah Rp2 juta tersebut, tidak benar alias palsu. Pihak Bimoli membantah hal tersebut. 

Menurut misinformasi/disinformasi yang dikategorikan oleh FirstDraft, informasi tersebut termasuk dalam kategori fabricated content (fabricated content).

Fabricated content terbilang menjadi jenis konten palsu yang paling berbahaya. Konten ini dibentuk dengan kandungan 100% tidak bisa dipertanggung-jawabkan secara fakta. Biasanya, fabricated content berupa informasi lowongan kerja palsu dan lain-lain.

---

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerja sama dengan 24 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

KOPI TIMES