Peristiwa Daerah

Tim Juri Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana Jatim Nilai RW 6 Temas Kota Batu

Jumat, 06 September 2019 - 15:29 | 61.68k
Simulasi bencana alam yang ditunjukkan warga sebagai bentuk kesiapsiagaan mengatasi bencana alam. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 
Simulasi bencana alam yang ditunjukkan warga sebagai bentuk kesiapsiagaan mengatasi bencana alam. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia) 

TIMESINDONESIA, BATU – Tim juri Lomba Desa/Kelurahan Tangguh Bencana se-Provinsi Jawa Timur, Jumat (6/9/2019) melakukan penilaian dengan melakukan verifikasi lapangan di RW 6 Kelurahan Temas, Kota Batu

Tim penilai yang dipimpin langsung oleh Kalaksa BPBD Provinsi Jatim, Subhan Wahyudiono ST MM ini disambut langsung oleh Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si didampingi oleh Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Batu, Gatot Nugroho. 

Dalam kesempatan itu wali kota mengucapkan selamat datang kepada tim penilai. Ia mengatakan bahwa penyelenggaraan penanganan bencana di Kota Batu sudah terkoordinasi dengan baik. 

"Peran BPBD dan lintas sektor lain sudah bersinergi dalam pengurangan resiko bencana, contohnya saat penanganan pemadaman kebakaran hutan di gunung beberapa waktu lalu, kita sudah berbaur dengan semua potensi," kata Dra Hj Dewanti. 

Sementara itu, Subhan, mengatakan bahwa penilaian Kelurahan Tangguh Bencana di RW 6 Kelurahan Temas tindak lanjut dari penilaian administrasi tangguh bencana. 

Simulasi-bencana-alam-B.jpg

Kedatangan tim penilai ke lokasi untuk memverifikasi antara kenyataan dilapangan dengan yang terpapar di laporan dan administrasi tangguh bencana yang dikirimkan Kelurahan Temas. 

Penilaian yang dilakukan meliputi kelembagaan terkait pengurangan resiko bencana. Tim juga memeriksa berapa porsi anggaran yang dialokasikan Kelurahan Temas untuk pengurangan resiko bencana. 

Tim juga melihat peran masyarakat dalam pengurangan resiko bencana, serta kelembagaan forum pengurangan bencana yang keberadaannya sudah dilengkapi dengan surat keputusan. 

Simulasi-bencana-alam-C.jpg

Kelurahan Temas mengikuti lomba kelurahan tangguh bencana tingkat Pratama. Beberapa tahun lalu, Kota Batu juga berhasil mengantarkan Kelurahan Sisir meraih predikat Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Madya. 

"Wilayah ini memiliki kerawanan bencana alam tanah longsor, banjir dan puting beliung, kita berharap Temas bisa meraih penghargaan dan menjadi percontohan desa dan kelurahan lainnya," kata Gatot Nugroho, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Batu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES