Senin, 10 Desember 2018
Peristiwa - Daerah

Akademisi India dan Thailand Terpesona Museum D’Topeng

Akademisi India dan Thailand Terpesona Museum D’Topeng KAGUM: Para akademisi dari India, Thailand dan Vietnam berpose di depan koleksi Museum D’Topeng. (Foto: Nurliana Ulfa/BatuTIMES)
Kamis, 26 Mei 2016 - 13:37

TIMESINDONESIA, BATU – Museum peninggalan budaya Indonesia yakni D’Topeng Kingdom Museum Kota Batu menarik minat para akademisi dan pakar budaya internasional.

Mereka tertarik berkunjung dan belajar tentang sejarah bangsa Indonesia yang ‘tertulis’ pada koleksi benda-benda museum D’Topeng.

Kunjungan akademisi luar negeri itu seperti yang terjadi Rabu (25/5/2016) malam. Para dekan, dosen, dan mahasiswa dari  Universitas Negeri Malang (UM), Mahasarakham University Thailand, University of Hyderabad India dan Hue University Vietnam mendatangi D’Topeng.

Para akademisi India, Thailand  dan Vietnam itu datang ke Indonesia dalam kaitannya dengan acara konferensi bahasa dan budaya.

Konferensi itu bertajuk Language Society and Culture in Asian Contexts (LSCAC) International Converence 4th Language and Culture di Universitas Negeri Malang.

Sebanyak 65 akademisi kagum dengan koleksi benda-benda sejarah yang masing-masing memiliki kisah dalam peradaban masyarakat Indonesia masa lampau.

Ada lebih 10 ribu koleksi artefak dan lebih dari dua ribu topeng tari yang pernah digunakan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Koleksi itu memikat para doktor dan profesor ini.

Jurnalis : Nurliana Ulfa
Editor :
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration