Entertainment

Senyap Tembus Nominasi Oscar 2016

Minggu, 17 Januari 2016 - 07:23 | 49.76k
Poster film Senyap. (Foto: jabar.tribunnews.com)
Poster film Senyap. (Foto: jabar.tribunnews.com)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mengekor kesuksesan Jagal (The Act of Killing) pada tahun sebelumnya, film Senyap karya Joshua Oppenheimer berhasil menembus barisan nominator Academy Award 2016.

Sebelumnya, film Senyap menjadi teramat popular akibat kontroversi yang mengiringinya. Senyap mengisahkan tentang upaya Adi Rukun, seorang tokoh riil yang berusaha mengungkap fakta dibalik kematian kakaknya yang dituduh terlibat dalam Gerakan 30 September.

Adi kemudian melakukan penelusuran dengan mewawancarai sejumlah aktor yang diduganya terlibat dalam tragedi tersebut. Film yang juga dikenal dengan judul The Look of Silence ini menjadi dramatis oleh pengakuan Adi sebagai keluarga korban tragedi 65 di akhir setiap wawancara.

Proses produksi Senyap dilakukan pada tahun 2010 hingga 2012 di Sumatera Utara. Demi alasan keamanan, sebagian kru film asal Indonesia ditanpanamakan.

Academy Award merupakan ajang penghargaan tertinggi untuk insan perfilman Amerika Serikat, yang telah diselenggarakan sejak tahun 1926 oleh  Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Dalam ajang tersebut, Senyap akan bersaing dengan Amy dan Cartel Land dalam kategori Best Documentary Feature. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 22 Februari 2016 mendatang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Sumber : =

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES