Peristiwa Nasional Info Haji 2024

Cuaca di Arab Saudi Bisa Capai 50 Derajat Celcius, Jemaah Haji Diminta Jaga Kesehatan

Rabu, 08 Mei 2024 - 11:32 | 23.39k
Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas dan rombongan meninjau Tanah Suci Mekkah. (FOTO: MCH 2024)
Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas dan rombongan meninjau Tanah Suci Mekkah. (FOTO: MCH 2024)
FOKUS

Info Haji 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTAJemaah haji Indonesia yang akan berangkat ke Tanah Suci pada 12 Mei 2024 mendatang diimbau untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Hal ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Men) usai mengecek kesiapan layanan haji di Makkah, Selasa (7/5/2024).

"Cuaca sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat," terang Gus Men.

Panasnya cuaca di Arab Saudi menjadi salah satu perhatian utama Kemenag dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Oleh karena itu, Gus Men meminta para jemaah untuk mempersiapkan fisik sebaik-baiknya.

"Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlalu diforsir. Makan makanan bergizi, vitamin. Ini akan membantu jemaah dalam menjaga stamina," pesannya.

Gus Men juga meyakinkan jemaah bahwa Kemenag telah menyiapkan berbagai layanan untuk membantu jemaah selama di Tanah Suci, termasuk tim kesehatan yang akan siaga 24 jam.

"Jangan khawatir. Kemenag sudah menyiapkan para petugas dengan Kemenkes yang akan terus melayani jemaah 24 jam. Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun kepada para petugas untuk bisa membantu jemaah," ujarnya.

Selain itu, Kemenag telah melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan jemaah haji, di antaranya memperketat syarat istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji, dan menerbitkan Senam Haji untuk membantu jemaah menjaga kebugaran.

Jemaah Haji Indonesia diimbau untuk menjaga kesehatan dan kebugaran fisik, istirahat yang cukup, memperbanyak makanan bergizi dan minum air putih. Tak kalah penting mereka diminta untuk tidak ragu meminta bantuan kepada petugas haji selama di Tanah Suci. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES