Indonesia Positif

Wujudkan Swasembada Pangan, ini Peran Babinsa

Rabu, 27 Desember 2017 - 20:36 | 35.94k
Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung laksanakan tanam bersama. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Personel Koramil 0821/16 Rowokangkung laksanakan tanam bersama. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LUMAJANG – Koramil 0821/16 Rowokangkung bersama Forkopimka bekerja sama dengan UPT Pertanian Kecamatan Rowokangkung sekaligus menggandeng Poktan Tani Mulyo dusun Wungurejo desa Sidorejo kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang mencanangkan program tanam serentak di lahan dengan luas tanam 28.5 Ha, Rabu (27/12/2017).

Menurut Kepala UPT Pertanian Kecamatan Rowokangkung Sudarsono, S.P., bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program Ketahanan Pangan Nasional yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah.

"Kegiatan ini juga memperkenalkan teknologi baru dalam dunia pertanian, agar para petani lebih termotivasi dalam mengikuti program kelompok tani di wilayah," ungkapnya.

Sudarsono mengatakan dengan inovasi dan metode baru program ini diharapkan bisa lebih memacu petani untuk mengikuti perkembangan dalam bidang pertanian. Sehingga para petani tidak monoton menggunakan metode lama dalam sistim bercocok tanam.

"Dengan adanya penemuan baru yang tentunya sudah melalui uji coba sehingga hasil dari sistem tersebut diterapkan bagi para petani dengan harapan dapat meningkatkan taraf hidup di bidang ekonomi bagi masyarakat khususnya para petani," harapnya.

Program nasional tanam serentak dengan target 3 juta Ha pada akhir tahun 2017 untuk menjamin ketersediaan stok beras nasional pada awal tahun 2018 guna mewujudkan swasembada pangan nasional.

Sementara itu Danramil 0821/16 Rowokangkung Kapten Inf Hari Suhadiono juga menyatakan pihaknya akan selalu siap untuk mendukung program tersebut.

"Melalui peran Babinsa yang berada di wilayah desa diharapkan selalu menjalin kerjasama dan komunikasi dengan para penyuluh pertanian yang ada di lapangan," terangnya.

Ia menambahkan tugas dan peran TNI yang berada di wilayah dalam hal ini Satuan Koramil, akan berupaya membantu dan mendukung program pemerintah dalam segala bidang pembangunan. 

"Salah satunya adalah program pendampingan kepada para petani dalam program ketahanan pangan Nasional guna mewujudkan swasembada beras nasional serta meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya para petani," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES