Kesehatan

Tak Hanya Memperlancar Pencernaan, Ini Manfaat Yogurt Lainnya

Jumat, 22 Desember 2017 - 04:27 | 47.93k
ILUSTRASI. Yogurt dapat menurunkan kolesterol. (FOTO: livestrong.cdn.com)
ILUSTRASI. Yogurt dapat menurunkan kolesterol. (FOTO: livestrong.cdn.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Selain menguntungkan saluran pencernaan, menurut penelitian, yogurt juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Seperti apa cara kerja yogurt menurunkan kolesterol?

Dilansir dari Hello Sehat, menurut penelitian, mengonsumsi yogurt dapat mempengaruhi tekanan darah dan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda. Di dalam penelitian, mereka yang mengonsumsi yogurt memiliki metabolisme yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi yogurt.

Orang-orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi yogurt cenderung memiliki indeks masa tubuh yang lebih rendah. Mereka juga memiliki tingkat trigliserida dan glukosa atau kadar gula dalam darah yang lebih rendah. Tidak hanya itu, yogurt juga mampu menaikkan tingkat HDL (high-density lipoproteins) atau kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan di University of McGill di Montreal, Kanada, mengonsumsi dua dosis probiotik dalam sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan probiotik di dalam yogurt disinyalir mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Jenis yogurt apa yang baik untuk menurunkan kolesterol? Yogurt yang banyak mengandung gula hanya cocok camilan Anda atau dessert setelah makan. Menurut Cleveland Clinic, yogurt tawar tanpa lemak adalah pilihan paling sehat. Anda juga bisa memilih greek yogurt, karena mengandung lebih banyak protein, yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Yogurt tawar dan greek yogurt memiliki kandungan protein, probiotik, dan kalsium yang hebat.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dari mengonsumsi yogurt untuk menurunkan kolesterol, pastikan bahwa yogurt Anda mengandung bakteri lactobacillus acidophilus La5 dan bifidobacterium lactis Bb12. Menurut Journal Dairy of Science, kedua bakteri probiotik ini mampu menurunkan kadar kolesterol, terutama kolestrol jahat atau LDL. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : TIMES Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES