Gaya Hidup

Kecanduan Game Berdampak pada Psikologis, Benarkah?

Kamis, 21 Desember 2017 - 03:27 | 53.21k
ILUSTRASI. Kecanduan game dapat berdampak buruk pada kesehatan. (FOTO: sudocrem.co.uk)
ILUSTRASI. Kecanduan game dapat berdampak buruk pada kesehatan. (FOTO: sudocrem.co.uk)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Semakin banyak anak muda yang kecanduan bermain game. Mereka yang sudah kecanduan untuk memainkannya akan lupa waktu dan terus melakukannya hingga berjam-jam atau berhari-hari lamanya. Sebenarnya, apakah kecanduan game bisa berbahaya bagi kesehatan?

Dilansir dari Dokter Sehat, pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun di Indonesia kasus kecanduan game tidaklah seekstrim di luar negeri seperti di Korea Selatan yang bisa memicu kematian akibat terlalu lamanya mereka bermain game, dalam realitanya kecanduan game bisa mempengaruhi psikologis seseorang. Khususnya dalam hal membuatnya memiliki sifat lebih agresif.

Sebagai contoh, cukup banyak pecandu game yang bisa kehilangan kontrol emosinya jika merasa terganggu saat bermain game, khususnya game online yang memang sulit untuk dihentikan atau disela.

Dalam kasus lainnya, kecanduan game bisa membuat seseorang terdorong untuk melakukan kegiatan kriminal, khususnya pencurian, hanya demi menambah perlengkapan bermainnya. Selain itu, banyak orang yang akhirnya meninggalkan pendidikannya hanya demi memuaskan kecanduannya dalam bermain game.

Pakar kesehatan psikologi bernama Suzy Yusna juga menyebutkan bahwa tanpa disadari, kebiasaan memainkan game secara berlebihan juga akan mempengaruhi otak kita dengan signifikan, khususnya dalam mengganggu sisi emosional kita. Jika kita kerap memainkan game yang menunjukkan kekerasan, maka besar kemungkinan perilaku kita juga akan mulai mengikuti apa yang disajikan pada permainan tersebut.

Melihat banyaknya waktu yang terbuang sia-sia saat kita bermain game dan adanya dampak psikologis dari memainkannya dengan berlebihan, segera batasi waktu bermain game dan sering-seringlah bermain dengan teman-teman atau menikmati alam luas yang jauh lebih menyehatkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES