Gaya Hidup

Masukkan Apel dalam Menu MPASI, Ini Manfaatnya

Kamis, 21 Desember 2017 - 02:30 | 41.07k
ILUSTRASI. Apel merupakan salah satu buah yang baik untuk menu MPASI. (FOTO: tavovaikas.lt)
ILUSTRASI. Apel merupakan salah satu buah yang baik untuk menu MPASI. (FOTO: tavovaikas.lt)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Salah satu makanan yang disarankan sebagai MPASI pertama adalah buah apel. Selain lezat, apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk si Kecil.

Dilansir dari Klik Dokter, apel mengandung serat larut (pektin) yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Konsumsi apel secara rutin dapat memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi. Serat dalam apel juga memberi makan bakteri “baik” dalam usus, yang kemudian dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya sampai di situ. Pektin dapat menurunkan risiko berbagai penyakit pada kemudian hari. Mulai dari kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

Di samping kaya akan serat, apel juga merupakan MPASI yang bergizi karena mengandung vitamin C. Satu buah apel sedang dapat memenuhi 14% kebutuhan vitamin C harian si Kecil.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan, vitamin C memiliki kepentingan untuk pembentukan kolagen. Kolagen sangat penting sebagai ‘bahan pembangun’ berbagai struktur dalam tubuh si Kecil, seperti kulit, tulang, gigi, tulang rawan, ligamen, tendon, dan pembuluh darah.

Dengan kadar vitamin C yang cukup dalam tubuh, luka yang dialami si Kecil akan lebih mudah menutup dan sembuh.

Apel juga mengandung polifenol dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Menurut penelitian, antioksidan dalam apel dapat membantu menurunkan risiko asma, penyakit jantung, dan kanker. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES