Peristiwa Daerah

Libur Nataru, Pelabuhan Ketapang Siagakan Alat Deteksi dan Navigasi

Rabu, 20 Desember 2017 - 13:14 | 94.68k
Tampak kendaraan roda dua dan empat dan penumpang naik kapal feri di dermaga Ketapang Banyuwangi  (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)
Tampak kendaraan roda dua dan empat dan penumpang naik kapal feri di dermaga Ketapang Banyuwangi (FOTO: Hafil Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tingkatkan fasilitas pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), ASDP Ketapang Banyuwangi telah menyediakan sejumlah fasilitas pendukung penyeberangan. Mulai alat pendeteksi kapal yang disebut Automatic Identification System (AIS) dan Navigasi Kapal.

Dikedua areal jalur penyeberangan Ketapang maupun Gilimanuk per 22 Desember hingga 2 Januari direncanakan akan dibangun Posko Nataru yang menyediakan informasi berkaitan dengan kenyamanan penumpang. 

Posko ini untuk memantau trip (perjalanan) kapal mulai dari pelabuhan Ketapang menuju ke pelabuhan Gilimanuk, maupun dari arah sebaliknya, dapat dipantau dari Ship Traffick Control (STC) di ASDP Ketapang.

General Manager PT ASDP Ketapang Indoesia Ferry Cabang Ketapang Elvi Yoza mengatakan, dari ruang STC pihaknya telah mengoperasikan AIS baik yang ada di pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk yang mampu mengetahui pergerakan kapal. Selain itu, dapat juga memantau cuaca, kecepatan angin sampai ketinggian gelombang.

“Kita bisa lihat posisi kapal-kapal yang punya AIS, kita pantau. Misalnya bergerak ke Gilimanuk kita bisa tahu lokasinya dan mampu menjangkau sampai di radius 100 mil lebih,” kata Elvi di kantornya, Rabu (20/12/2017).

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, sambung Elvi, dirinya akan mengoperasikan 32 kapal feri dan berkoordinasi dengan OPP Syah bandar yang mengoperasikan 12 kapal di pelabuhan LCT. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES