Indonesia Positif

Juarai 1 Nasional KMI, Ma Chung Mantap Cetak Wirausahawan

Selasa, 19 Desember 2017 - 12:42 | 28.93k
Jeremia Allan dengan produknya Gedhang Nugget, berhasil menjuarai Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Nasional 2017. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Jeremia Allan dengan produknya Gedhang Nugget, berhasil menjuarai Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Nasional 2017. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur, kembali menorehkan prestasi membanggakan. Pada akhir November 2017 lalu, salah satu mahasiswanya menyabet gelar Wirausaha Terbaik” kategori Industri Makanan dan Minuman.

Prestasi ini didapat Jeremia Allan, mahasiswa Program Studi Akuntansi, dalam acara Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award 2017 di Pontianak.

Allan menyisihkan 79 peserta pilihan dari 96 perguruan tinggi di Indonesia. Ia mengusung produk “Gedhang Nugget”, Allan dipilih menjadi Juara I karena dalam kurun waktu beberapa bulan dengan modal yang minim, mampu berkembang pesat.

Selain itu, bisnis yang dikembangkan Allan memanfaatkan produk lokal dengan nilai tambah tersendiri. "Produk ini mampu meyakinkan diri bahwa produk lokal dengan kreativitas tinggi mampu menghadapi persaingan bisnis serupa,” ujar salah satu juri.

Prestasi ini semakin memantapkan komitmen Universitas Ma Chung mencetak wirausahawan dan pemimpin bisnis masa depan. 

Untuk diketahui, dalam ekspo tahunan KMI kali ini, setiap perguruan tinggi dapat mendaftarkan dua orang mahasiswanya. Dirjen Belmawa Kemristekdikti memilih satu mahasiswa untuk masuk dalam pemilihan KMI Award.

KMI Award merupakan ajang kompetisi dan apresiasi kepada mahasiswa. Fokus pada penilaian keunggulan kinerja dan profesionalisme dari wirausaha yang dijalankan. KMI Award kategori Wirausaha Terbaik dibagi ke dalam lima kategori. Yakni, Industri Makanan dan Minuman, Industri Jasa dan Perdagangan, Industri Teknologi, Industri Kreatif, dan Industri Produksi/Budidaya.

“Expo KMI ini bertujuan untuk menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerja sama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia,” sambut Prof. Intan Ahmad, Ph.D – Dirjen Belmawa Kemristekdikti.

Program kewirausahaan yang sudah dirintis oleh Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) dalam rangka meningkatkan rasio wirausaha Indonesia baru. Selain itu juga untuk menekan angka pengangguran terdidik. Antara lain Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa (KBMI), Program Belajar Bekerja Terpadu (Co-op), Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K).

Tujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa mengembangkan jiwa kewirausahaan untuk memulai rintisan usaha bisnis, sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran serta menambah jiwa wirausaha di Indonesia.

Rangkaian kegiatan tersebut memuncak pada diadakannya kegiatan tahunan Ekspo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (Ekspo KMI). Kegiatan ini untuk menggelorakan semangat kewirausahaan melalui kompetisi bisnis dari berbagai program kewirausahaan yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES