Kesehatan

Benarkah Kayu Manis Dapat Melawan Obesitas?

Jumat, 24 November 2017 - 03:29 | 57.75k
ILUSTRASI. Kayu manis. (FOTO: sweetslim.id)
ILUSTRASI. Kayu manis. (FOTO: sweetslim.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kayu manis bisa disertakan dalam daftar senjata melawan obesitas. Manfaat kayu manis untuk melawan obesitas ini berdasarkan hasil studi yang dilakukan para peneliti University of Michigan di Amerika Serikat.

Dalam studi yang hasilnya akan dipublikasikan di jurnal Metabolism edisi Desember itu, para peneliti menemukan bahwa cinnamaldehyde, minyak esensial yang memberi kayu manis rasa, dapat memperbaiki kesehatan metabolik dengan bertindak langsung pada sel-sel lemak atau adiposit, merangsang mereka untuk membakar kalori melalui proses yang disebut thermogenesis.

Para peneliti menguji adiposit manusia dari para relawan yang mewakili beragam usia, etnis dan indeks masa tubuh. Ketika sel-sel itu diberi perlakuan menggunakan cinnamaldehyde, para peneliti mengamati peningkatan ekspresi beberapa gen dan enzim yang meningkatkan metabolisme lemak.

Mereka juga mengamati peningkatan dalam Ucp1 dan Fgf21, yang merupakan protein pengatur metabolik penting yang terlibat dalam thermogenesis. Adiposit normalnya menyimpan energi dalam bentuk lipida.

"Kayu manis sudah menjadi bagian dari diet kita selama ribuan tahun, dan orang biasanya menikmatinya," kata Jun Wu, asisten profesor fisiologi molekuler dan integratif di University of Michigan Medical School. 

"Jadi kalau itu bisa membantu melindungi dari obesitas, itu bisa menawarkan satu pendekatan bagi kesehatan metabolik yang lebih mudah diikuti bagi pasien," katanya sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

Saat epidemi obesitas meningkat, para peneliti mencari cara untuk mendorong sel-sel lemak mengaktifkan thermogenesis, menyalakan proses pembakaran lemak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES