Indonesia Positif Ketahanan Informasi Nasional

Ishak Mekki, Sang Pemimpin Rakyat

Jumat, 20 Oktober 2017 - 14:30 | 31.21k
Ketua DPD Demokrat Sumsel yang Juga Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Ketua DPD Demokrat Sumsel yang Juga Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Nasional

TIMESINDONESIA, PALEMBANG – Tiada hari tanpa bertemu rakyat. Slogan ini tampaknya yang paling pas untuk men-’juluki’ sosok Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, Ir. H.Ishak Mekki, MM saat ini. Betapa tidak, hampir setiap hari selama kurang lebih tiga tahun ini. 

Sejak dilantik sebagai Wagub Sumsel dia nyaris tak pernah absen di sela tugas rutinnya sebagai Wagub, pasti menyempatkan diri untuk tetap bertegur sapa, bertatap muka atau berkunjung dan menerima kunjungan masyarakatnya, masyarakat Sumatera Selatan.

Tak hanya itu, makan bareng bersama kolega, teman lama atau siapa saja yang kebetulan bertemu dengannya di mana dan kapan saja juga selalu dia lakukan. Dia tak sungkan pula meski makan diemperan pinggiran kota atau di kampung-kampung terlebih menerima masyarakatnya sekadar
untuk foto dan berjabat tangan. 

Sambil ‘kongkow’ itu pula dia menyempatkan berdiskusi, mendengar berbagai masukan termasuk kritik yang terlontar dari warganya.

Catatan penulis yang senantiasa selalu mengikuti perjalanannya, menyimpulkan bahwa Ishak Mekki adalah sosok pemimpin yang merakyat. Sosok pemimpin rakyat adalah Ishak Mekki. 

Tak ada kesombongan yang terpancar di wajahnya, dan keluarganya. Dengan siapa saja, tak peduli itu para pejabat di lingkungan kerja (Pemprov Sumsel), rakyat biasa, termasuk terhadap para petugas dan pembantu yang ada di rumah tangganya, Ishak Mekki maupun keluarganya tetap bersahaja, bersahabat, kekeluargaan dan dekat.

“Tak ternilai kebaikan bapak, ibu dan keluarga di sini kepada kami, meski kami sebagai orang kecil yang turut mengabdi di rumah tangga beliau,” kata Tinah (50) suatu hari kepada penulis. Apa yang dikemukakan Tinah, merupakan cerminan dari sesungguhnya yang ada di kehidupan mantan Bupati OKI dua periode ini.

“Sejak dulu ketika saya masih berdinas di Pusri hingga kini saya telah pensiun, saya tetap akrab dan bersahabat dengan pak Ishak Mekki. Dia sosok yang konsisten dalam berteman, tak pernah berubah, dari dulu hingga kini meski telah menjadi orang nomor dua di daerah ini,” timpal Drs. H. Syamsul.

Rizal, sahabat lamanya yang kini menjadi staf bagian logistik di kediaman Ishak Mekki. Hampir setiap Sabtu dan Minggu dapat dipastikan dia menghadiri berbagai undangan dari masyarakatnya, baik itu undangan pernikahan, sunatan dan hajatan lainnya. 

Di sini pula kesempatan baginya untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan rakyatnya. Meski secara bisik-bisik, dia pasti akan mendengar apa yang disampaikan oleh masyarakat setempat dalam kunjungan tersebut. Begitu juga sebaliknya, masyarakat juga secara oneway pasti menerima pula apa yang disampaikannya dalam setiap sambutan.

Sementara di hari lainnya, di luar rutinitas yang telah teragenda oleh protokol Pemprov untuknya, selepas jam kerja, dia pasti menyempatkan diri pula untuk menerima kunjungan para staf maupun masyarakat dan tamu lainnya yang berkepentingan. “Sebisa mungkin kita layani, kita harus melayani
mereka,” kata suami Hj. Tartila Ishak ini suatu hari.

Dengan demikian, lanjutnya, tidak ada lagi celah masyarakat kita tak dapat bertemu dan terlayani oleh kita. Kepada mereka kita harus peduli dan selanjutnya kita berikan solusi terhadap berbagai persoalan yang mereka hadapi, imbuh ayah tiga anak, Muchendi, Azhar dan Ones ini.

Safari Jumat

Sejak awal dilantik menjadi Wagub Sumsel, Ishak Mekki telah mencanangkan untuk melakukan safari Jumat ke setiap mesjid mulai mesjid yang ada di dalam kota Palembang hingga jika berkesempatan ke mesjid-mesjid yang ada di daerah-daerah. Safari Jumat ini dilakukan, selain terus menjalin
keakraban dan silaturahmi dengan masyarakat juga safari ini menjadi ajang untuk menyerap secara langsung aspirasi mayarakat.

Di setiap mesjid, dia menyempatkan diri untuk menyampaikan sambutan sekaligus pesan-pesan kepada jemaah tentang pentingnya kebersamaan, persatuan dan kesatuan. “Jangan menjadi warga yang mudah terhasut, terkotak-kotak dan terus menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ini di antara pesan yang senantiasa disampaikan. Selebihnya, dia pasti memberi bantuan atas nama Pemprov Sumsel, bagi mesjid atau musala yang memang membutuhkan bantuan terutama untuk rehab maupun perbaikan-perbaikan ringan.

Tak terhitung lagi mesjid dan musala yang telah dikunjungi Wagub Ishak Mekki. Banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan safari Jumat seperti selama ini. Dengan kegiatan ini, selain manfaat yang selalu disebutnya sebagai ajang silaturahmi, menyerap langsung aspirasi masyarakat,
yang lebih penting kegiatan safari Jumat ini adalah dapat memakmurkan mesjid atau musala sebagai rumah Allah. Ini juga yang selalu dihayati oleh Ishak Mekki yang juga sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel.

Dukung Asian Games

Terlepas dari segala pesan-pesan di setiap kunjungannya ke masyarakat maupun ke setiap mesjid dan ke berbagai acara, Ishak Mekki pasti menyeru masyarakatnya  untuk mendukung penuh provinsi ini sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Dukungan yang dimaksud, masyarakat diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing agar event internasional ini dapat berjalan sukses, di antaranya bersama-sama menjaga kerukunan antarumat beragama.

Ishak selalu meyakinkan masyarakat, bahwa banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya event tersebut, misalnya Sumsel akan memperoleh aset infrastruktur yang sangat besar dan banyak. “Lihat saja, saat ini kita sedang giat-giatnya melakukan pembangunan dalam rangka menyambut Asian
Games, seperti saat ini kita tengah membangun Light Rail Transit (LRT), untuk rute Bandara – Jakabaring, jalan TOL Palembang – Indralaya dan flyover di simpang Kertapati – Indralaya, flyover simpang Bandara. Bahkan Sumsel juga telah siap menjadi tuan rumah olahraga bermotor tingkat
internasional seperti moto-GP,” kata Ishak selalu di setiap kesempatan.

Dengan semangat, dia juga selalu memotivasi masyarakat bahwa Sumsel saat ini tidak hanya dikenal di tingkat nasional, namun sudah dikenal di tingkat Internasional karena Sumsel sering melakukan berbagai event Internasional. “Untuk itulah perlunya kita menjaga kerukukan antarsesama antarumat beragama, karena kerukunan ini merupakan salah satu faktor penting untuk mendukung berbagai event Internasional yang digelar di Sumsel," imbaunya.

Menyimak berbagai aktifitas positif dan kegiatan yang senantiasa dilakukan oleh Ishak Mekki tersebut, terutama yang sangat erat kaitannya dengan persoalan keagamaan dan kemasyarakatan, Ketua Forum Pondok Pesantren Sumsel (Forpess), Ustadz Susi Indrawanto sangat mengapresiasinya.
Menurutnya, ke depan daerah ini membutuhkan figur yang memahami, berempati dengan rakyatnya serta sosok pemimpin yang dekat dengan dunia agama. “Sosok demikian ada pada diri pak Ishak Mekki,” kata ustadz Susi Indrawanto.

Untuk itu pula ke depan, lanjutnya, agar pembangunan di daerah ini berkesinambungan, calon pemimpin yang harus menggantikan Alex Noerdin adalah yang seirama dan memahami masyarakatnya dan daerah ini . “Pak Ishak Mekki layak meneruskan kepemimpinan Pak Alex,” tambahnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES