Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Master Maba Grup Keislamian Bentuk Generasi Islami

Jumat, 22 September 2017 - 11:12 | 61.80k
Kegiatan Semaan Al Qur'an Universitas Islam Malang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Kegiatan Semaan Al Qur'an Universitas Islam Malang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Master Maba, kegiatan yang sengaja dibuat oleh Universitas Islam Malang untuk membuat mahasiswa lebih baik lagi, dapat memunculkan kepribadian dan kreativitas mahasiswa. 

Master Maba digelar di masing-masing ukm. Salah satunya grup Keislamian yang telah dilaksanakan hari rabu tanggal 20 september 2017 lalu. 

Bertempat di Masjid Ainul Yaqin Universitas Islam Malang sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Administrasi,  Fakultas Agama Islam, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas MIPA hadirndalam kegiatan itu. 

Maba-uqNKTb.jpg

Kehadiran mahasiswa diabsen menggunakan teknologi finger print kemudian dilanjut pengantar dan shalat dhuha yang dipimpin langsung oleh H. Ali Ashari.

Shoaat dhuha digelar berdoa bersama dan dimulai pembelajaran dan pembacaan kitab suci Al Quran. Mahasiswa master maba tersebut sudah dikelompokkan masing-masing kelompok dengan satu mudhif atau mudhifah. 

Mudhif atau mudhifah inilah yang nanti mengoreksi tiap mahasiswa dalam hal membaca al-qur'an dan bagi mahasiswa yang bukan islam mereka lebih dinilai dalam hal diskusi, kehadiran, dan hasil resumannya namun tetap membawa manfaat bagi para mahasiswa master maba untuk lebih bisa memajukan dirinya sendiri. 

Indah Mayangsari salah satu panitia grup keislaman mengatakan bahwa kegiatan master maba grup keislamian ini bertujuan supaya mahasiswa grup keislamian ini bertambah kuat Islaminya.

"Tak hanya itu, kami harap karakter dan akhlaknya semakin baik selain itu kegiatan ini juga bisa membenahi dalam hal pembacaan kitab suci Al Quran," terangnya. 

Untuk metode grup keislamian mereka menggunakan seperti metode halaqoh diniyah namun kami tambahi dengan adanya diskusi atau sharing-sharing untuk menginterview kembali materi yang sudah diberikan. B

Kegiatan selanjutnya adalah menyajikan materi dengan judul Akhlak Mahasiswa Unisma yang disampaikan oleh drh. H. M. Zainul Fadli, M. Kes. Ia mengulas materi mulai dari etika di kampus yang harus tetap mengutamakan Akhlakul Karimah hingga cara berpakaian yang mana boleh saja mengikuti tren namun dalam batasan yang sewajarnya. 

Suasana-semaan-quranLtUB.jpg

Pada akhir sesi di lanjutkan diskusi yang di pimpin oleh Mudhif dan mudhifa. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan tertib. 

Salah satu peserta bernama Nayyirotun Najihah Fakultas MIPA mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menambah keimanan dan keislaman.

"Alhamdulillah kegiatan ini bermanfaat bagi saya, sekarang saya di pondok lebih rajin sholat dhuha dan lebih bisa berkomunikasi saat diskusi soalnya dulu disekolah saya kurang dalam diskusi dan sharing ilmu," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES