Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Tingkatkan Profesionalisme Dosen dengan Menulis 

Selasa, 22 Agustus 2017 - 17:26 | 36.41k
Workshop Penulisan Buku oleh Fakultas Teknik UWG bekerjasama dengan Penerbit Intrans Publishing di Gedung H Kampus III Fakultas Teknik UWG. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Workshop Penulisan Buku oleh Fakultas Teknik UWG bekerjasama dengan Penerbit Intrans Publishing di Gedung H Kampus III Fakultas Teknik UWG. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Fakultas Teknik UWG bekerjasama dengan Penerbit Intrans Publishing, menggelar “Workshop Penulisan Buku”, Selasa (22/8/2017). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh dosen Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang ini bertempat di Gedung H Kampus III Fakultas Teknik UWG. 

Kegiatan ini dimotori langsung oleh Dekan Fakultas Teknik UWG Dr. Ir. Fachrudin, MT. dengan menggandeng Lutfi Jayadi dari Intrans Publishing sengan tujuan mengajak dan menggiatkan para dosen Fakultas Teknik untuk bisa menerbitkan sebuah buku.

"Selama ini potensi para dosen Fakultas Teknik sudah lumayan bagus dalam hal publikasi cal for paper, jurnal, artikel yang dipublikasi di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindex scopus," kata Fachrudin.

Namun demikian, lanjutnya untuk lebih meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dosen dalam menulis, alangkah baiknya jika tulisan itu dituangkan dalam bentuk buku. 

"Sengaja kami menggandeng penerbit Intrans Publishing melalui workshop Penulisan Buku pada hari ini dengan target dalam 3 bulan kedepan setelah workshop ini akan terbit buku-buku dari dosen Fakultas Teknik," paparnya. 

Kompetensi dosen dapat diukur selain dari publikasi jurnal baik nasional maupun internasional juga dari berapa jumlah buku yang telah di tulis dan diterbitkan oleh penerbit. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada akreditasi program studi maupun akreditasi institusi. 

Kepakaran seorang dosen juga dapat dituangkan melalui tulisan di dalam buku, semakin banyak buku yang diterbitkan dan buku nya laku terjual dipasaran itu menunjukkan penulis buku tersebut telah menjadi bahan rujukan atau referensi bagi masyarakat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Jadi melalui workshop “Penulisan Buku” ini diharapkan dapat membuka wawasan / pengetahuan kepada para dosen bagaimana menulis buku yang benar sesuai dengan standar buku yang diterbitkan oleh penerbit," ucapnya.

Ia berharap semoga melalui kegiatan workshop “Penulisan Buku” yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik UWG bekerja sama dengan penerbit Intrans Publishing, akan terpenuhi target buku yang layak terbit dari buku karya dosen Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang. 

"Bukan hanya sekedar untuk mendapatkan sertifikat workshop saja, namun sertifikat sebagai penulis buku yang telah diterbitkan, itu point/ catatan yang menjadi spirit dari kegiatan tersebut," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES