Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Begini Cara Mahasiswa Unikama Mengenalkan Literasi

Selasa, 22 Agustus 2017 - 11:44 | 41.81k
Mahasiswa kkn unikama membangun rumah baca di Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
Mahasiswa kkn unikama membangun rumah baca di Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. (Foto: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, MALANG – Mengenalkan budaya membaca atau literasi dilakukan oleh mahasiswa kkn unikama. Mereka membangun rumah baca di Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. 

Penyediaan sarana perpustakaan atau Rumah Baca ini akan menstimulus kebiasaan membaca, karena membaca buku merupakan salah satu aspek penting dalam peningkatan kemampuan literasi seorang individu. 

Demikian juga dengan masyarakat di Desa Segaran Kecamatan Gedangan dimana di desa ini belum ada fasilitas untuk membaca selain dari fasilitas formal. 

Unikama-Mengenalkan-Literasi-2WoltA.jpg

Oleh karena itu upaya untuk menumbuhkan gemar membaca harus dimulai dari usaha dalam meniadakan kendala utama yang menyebabkan orang tidak mau membaca. 

Maka, metode dalam menggalakkan minat baca pada masyarakat juga perlu diubah agar masyarakat dapat berminat melakukan kegiatan membaca, dimana kegiatan membaca harus menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan murah, oleh karena itu dibutuhkan suatu wadah atau tempat yang dapat menjadi sarana membaca yang dapat menarik perhatian masyarakat. 

Disamping itu rumah baca ini juga dilengkapi dengan berbagai macam permainan tradisional, salah satunya permainan dakon dan monopoli. 

Dengan adanya rumah baca ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat Desa Segaran untuk gemar membaca. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES