Indonesia Positif

Ishak Minta Jemaah Calon Haji Doakan Sumsel Sukses Asian Games

Minggu, 20 Agustus 2017 - 17:26 | 40.91k
Pelepasan Jemaah Calon Haji oleh Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki (Foto : AJP TIMES Indonesia)
Pelepasan Jemaah Calon Haji oleh Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki (Foto : AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebanyak 448 jemaah calon haji (JCH) kloter 15 Embarkasi Palembang, Minggu (20/8/2017) dinihari WIB bertolak meninggalkan Palembang menuju Jeddah, Arab Saudi. Beberapa jam sebelumnya, tepatnya Sabtu malam pukul 23.50 WIB, mereka dilepas oleh Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki di Aula Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan.

Ishak dalam arahannya menegaskan, ibadah haji merupakan ibadah fisik. Oleh sebab itu, para jamaah harus menjaga fisik mereka dengan baik.

“Jagalah kesehatan, makan dan tidurlah dengan teratur. Jangan pula memaksakan diri untuk beribadah,” tutur Ishak. 

Ishak menambahkan, tahun depan Sumsel akan menggelar dua even besar dan penting, yaitu Asian Games 2018 dan Pilkada serentak di sembilan kabupaten/kota, termasuk pemilihan gubernur.

“Untuk itu, kami mohon bapak/ibu mendoakan agar Sumsel dapat menggelar dua even tersebut dengan sukses. Dua even itu merupakan pertaruhan nama baik Sumsel dan juga nama baik Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi menjelaskan, total jemaah yang sudah diberangkatkan Embarkasi Palembang hingga kloter 15 ini berjumlah 6.722 orang. Menurut Fajri, seluruh jamaah Sumsel dan Babel saat ini sudah berada di Mekkah. 

“Jamaah gelombang pertama yaitu dari kloter 1 sampai 8, semuanya sudah meninggalkan Madinah dan berada di Mekkah. Sedangkan gelombang kedua yaitu dari kloter 9 sampai 14 memang langsung ke Mekkah,” jelas Fajri.

Untuk seat kosong, saat ini berjumlah 28 kursi. Baik itu karena ada jemaah yang meninggal sebelum masuk asrama haji, tertunda karena sakit, maupun menunda karena permohonan sendiri.

“Adapun jemaah yang meninggal di Tanah Suci hingga saat ini ada satu orang, yakni Marzuki dari Lahat yang meninggal Jumat (18/8) kemarin pukul 11.20 WAS atau 15.20 WIB,” tutur Fajri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES