Peristiwa Nasional Ketahanan Informasi Pendidikan

Tur Edukasi, Peserta Raimuna Nasional Belajar Jurnalistik di Kantor Berita Antara

Minggu, 20 Agustus 2017 - 14:05 | 75.65k
Ratusan peserta Raimuna Nasional mengunjungi Kantor Berita Antara di Jalan Antara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (18/8). (Foto: Catherine/TIMES Indonesia)
Ratusan peserta Raimuna Nasional mengunjungi Kantor Berita Antara di Jalan Antara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (18/8). (Foto: Catherine/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ratusan peserta Raimuna Nasional mengunjungi Kantor Berita Antara di Jalan Antara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (18/8). Kunjungan ini dalam rangkaian Tur Edukasi Raimuna Nasional XI 2017. Melalui Tur Edukasi ini, peserta Raimuna Nasional dilatih untuk memproduksi berita, mulai dari dari tahap penulisan hingga editing berita.

Antara merupakan salah satu kantor berita yang menyediakan jasa berbagai produk berbasis informasi. Bambang Purwanto, Kepala Divisi Pemberitaan Internasional dan Ekonomi Antara menjelaskan, Antara didirikan oleh Adam Malik yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketiga.

Peserta-Raimuna-Nasional0ymQc.jpg

“Saat masa perjuangan RI merebut kemerdekaan, pemuda Indonesia seperti Adam Malik, ikut berjuang melalui sebuah kantor berita. Namun kantor berita yang lahir pada 13 Desember 1937 tersebut belum mempunyai nama. Kemudian Adam Malik dan rekannya, Soemanang dan Pandu Partawiguna, memutuskan untuk memberi nama Antara yang menurut mereka cocok dengan fungsinya sebagai perantara (di bidang pemberitaan),” kata Bambang saat dihubungi via Whatsapp.

Bambang menambahkan, Kantor Berita Antara bekerjasama dengan beberapa negara, baik secara multilateral maupun bilateral. Secara multilateral, Antara bekerjasama dengan organisasi kantor-kantor berita Asia Pasifik serta konfederasi wartwan ASEAN. Sedangkan secara bilateral dengan kantor berita Bernama (Malaysia), VNA (Vietnam), TNA (Thailand), Reuters (Inggris), Anadolu (Turki), Irna (Iran), dan beberapa negara lainnya. 

Peserta-Raimuna-Nasional-30i9Np.jpg

“Kunjungan adik-adik Pramuka ke Antara tadi adalah langkah yang tepat karena saat ini adalah era informasi, di mana Antara menjadi penyalur informasi, yaitu teks, foto, tv dan infografis. Tidak saja di Indonesia tetapi juga ke luar negeri. Selain itu, hampir seluruh media di Indonesia berlangganan Antara yang bekerjasama dengan pihak-pihak luar negeri,” pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES