Peristiwa Nasional Ketahanan Informasi Sosial

Ketua MPR RI dan Kepala Staf TNI AL Bagi-Bagi Hadiah

Minggu, 20 Agustus 2017 - 00:49 | 74.83k
Ketua MPR Zulkifli Hasan hadir dalam acara jumpa tokoh Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu Malam, (19/8/7). (Foto: Catherine/TIMES INdonesia)
Ketua MPR Zulkifli Hasan hadir dalam acara jumpa tokoh Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu Malam, (19/8/7). (Foto: Catherine/TIMES INdonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua MPR Zulkifli Hasan hadir dalam acara jumpa tokoh Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka, di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu Malam, mulai pukul 19.30 - 22.00 WIB (19/8/7). Dalam kesempatan tersebut Zulkifli Hasan mengajak peserta mengikuti kuis kebangsaan. 

Mereka yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan Zulkifli mendapatkan hadiah Rp500 ribu.  Pertanyaan yang diberikan terkait nilai-nilai kebangsaan seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan potensi perekonomian daerah masing-masing. "Sebelum saya sampaikan materi, siap-siap yah, saya mau kasih kuis,"  kata Zulkifli Hasan. 

Puluhan peserta angkat tangan, kemudian dipilih yang tercepat, beruntunglah seorang peserta dari Sulawesi Selatan. Zulkifli mengatakan, perekonomian di Sulawesi Selatan sudah cukup baik karena berbasis ekonomi kerakyatan, kesenjangan juga mulai berkurang. "Pertanyaannya apa sumber mata pencaharian masyarakat Sulawesi Selatan,? " tanya Zulkifli Hasan

Zulkifli-HasanfvwL.jpg

"Sumber mata pencaharian masyarakat Sulawesi Selatan adalah pertanian dan kelautan," jawab peserta. Zulkifli lalu mengatakan "Benar."

Sama halnya dengan Zulkifli Hasan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI, Ade Supandi. Namun pertanyaan yang disampaikan Ade Supandi tentang kemampuan Pramuka dalam hal geografi. Misalnya ia menanyakan kepada peserta, sebutkan nama sebuah pulau terluar di Aceh yang terletak di ujung barat Indonesia, namanya unik pokoknya, ada yang tahu?. 

Widi peserta dari Aceh sudah berusaha menyebut beberapa pulau, namun belum tepat. Kemudian Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI, Ade Supandi mengatakan “namanya Pulau Rondo”.

"Jangan sampai orang lain lebih mengenal negara kita, anak-anak muda seperti adik-adik harus lebih mengenal wilayah Indonesia. Kita harus paham geografi, khususnya wilayah kelautan kita, karena kita tahu wilayah laut kita sangat luas, sebagian negara maritim kita harus jaya di laut," jelasnya.

Di akhir acara, Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI, Ade Supandi bersama ribuan peserta foto bersama, kemudian meneriakkan “NKRI Harga Mati”. Setelah itu keduanya mendapatkan hadiah spontan berupa tas khas papua dari Kontingen Kwartir Daerah Papua yang diserahkan Christine L Mano.

Raimuna Nasional adalah pertemuan Pramuka usia 16-25 tahun dari 34 Provinsi dan 514 Kota/Kab di Indonesia. Inilah pertemuan generasi millennial dan generasi z terlengkap di Indonesia. 

Merespon semangat zaman, Kwarnas Gerakan Pramuka di era Kak Adhyaksa Dault memiliki tagline Setiap Pramuka adalah kantor berita, artinya setiap Pramuka wajib menggunakan media sosialnya untuk membela NKRI, Pancasila dan mempromosikan Indonesia, serta tentunya memberitakan kegiatan Pramuka. Sebagai panduan di media sosial Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengeluarkan 10 Tugas Pramuka di media sosial. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES