Indonesia Positif Ketahanan Informasi Olahraga

Senam Lansia: Aktif, Sehat, dan Menyenangkan di Usia Tua

Jumat, 18 Agustus 2017 - 21:31 | 78.38k
Suasana Senam lansia di halaman Balai Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang (Foto: ajp.TIMES Indoensia)
Suasana Senam lansia di halaman Balai Desa Segaran Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang (Foto: ajp.TIMES Indoensia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Olahraga

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Usia lanjut adalah suatu fase kehidupan yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai umur panjang. Untuk menjadi tua tidak dapat dihindari setiap manusia, tetapi bisa berusaha untuk menghambat kecepatan waktu tersebut. Salah satu upaya untuk menghambat adalah dengan melakukan olahraga.

Agar tetap sehat di usia lanjut harus tetap menjaga kesehatan serta berolahraga secara teratur. Salah satu olahraga yang sesuai dengan usia lanjut adalah senam. Disini senam dikhususkan dan difokuskan kepada Lansia Desa Segaran Kecamatan Gedangan.

Senam-lansia-AWNLX.jpg

Program ini juga disosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya berolahraga. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap pagi 1 minggu sekali pada hari rabu pukul 08.00 sampai selesai di halaman balai desa Segaran.

Gerakan senampun dikhususkan untuk para lansia. Manfaat yang dapat diperoleh dari senam ini adalah untuk memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia, meningkatkan kesejahteraan psikis dan fisik lansia sehingga dapat lebih menikmati hidupnya, dengan mengikuti senam lansia efek minimalnya adalah lansia merasa bahagia, bisa tidur dengan nyenyak dan pikiran tetap segar.

Selain itu mereka bisa berkumpul dan bersilaturahmi antar lansia yang berada disekitar Desa Segaran. Untuk menunjang kegiatan Senam Lansia kami menyumbangkan 1 buah alat tensi darah dan 1 buah timbangan.

Senam-lansia2VFkX.jpg

Permasalahan yang biasanya terjadi dalam melakukan Senam Lansia adalah rasa bosan. Perasaan bosan ini wajar dikarenakan tidak ada variasi senam. Musik juga mempengaruhi, karena peserta senam lansia menyukai musik tertentu untuk menumbuhkan semangat para lansia  mengikuti senam.

Harapan dan saran kami adalah lansia bukan batasan untuk melakukan sebuah kegiatan. Justru pada usia tua harus digunakan untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya yaitu mengikuti senam lansia. Kita yang usianya lebih muda dari mereka harus mengajak mereka yang pralansia memperoleh kesadaran dini untuk hidup sehat, mandiri dan tetap aktif.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES