Indonesia Positif Ketahanan Informasi Umat

Tanggung Jawab Besar Umat Islam bagi Indonesia

Kamis, 27 Juli 2017 - 23:45 | 57.98k
KH. Maruf Amin (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
KH. Maruf Amin (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Umat

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Islam agama mayoritas di Indonesia. Itu sebabnya umat Islam memiliki dua tanggung jawab besar, yaitu tanggung jawab sebagai muslim dan tanggung jawab sebagai warga bangsa.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH. Maruf Amin beberapa waktu lalu. Ia memaparkan tanggung jawab sebagai muslim adalah melaksanakan tugas-tugas keagamaan Islam. Sementara, tanggung jawab sebagai warga bangsa adalah menjalankan komitmen kebangsaan dan kenegaraan.

"Para founding father kita menyatakan bahwa kemerdekaan Indonesia adalah berkat rahmat Allah SWT. Ini adalah bentuk pengakuan yang luar biasa," sambung tokoh yang baru diangkat sebagai Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden Penguatan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) ini.

Menurut Kyai Maruf, bangsa Indonesia harus bersyukur karena memiliki Pancasila. Sebab di Indonesia yang beragam disatukan oleh Pancasila dalam bingkai ke Indonesian yang harmonis. 

Kyai Maruf menyayangkan akhir-akhir ini muncul kelompok intoleran di tubuh umat Islam. Ia berpendapat kelompok intoleran ini sebagai kelompok ananiyyah jamiyyah (egoisme kelompok) atau ashabiyyah jamiyyah (fanatisme kelompok).

Munculnya kelompok-kelompok intoleran itu, menurut Kyai Maruf, salah satunya disumbang oleh berita-berita bohong yang disebar lewat media sosial (medsos). 

"Untuk mengurangi dampak buruk dari medsos, maka MUI mengeluarkan fatwa tentang pemakaian media sosial," tutup Kyai Maruf.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES