Indonesia Positif Ketahanan Informasi Desa

KKN Unikama Kembali Aktifkan Siskamling

Senin, 24 Juli 2017 - 09:17 | 66.44k
(Foto: AJP/TIMES Indonesia)
(Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa KKN Universitas Kanjuruhan Malang melakukan renovasi bangunan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Desa Pandanrejo, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam masyarakat. Keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan harapan dari semua warga. 

Tidak dipungkiri bahwa manfaat siskamling sangat besar. Antusias warga dalam usaha ini begitu tinggi, karena kesadaran masyarakat mulai meningkat. 

Kegiatan yang digelar tepat jam 08.00 wib hingga 13.00 wib ini menggunakan swadaya masyarakat. Semua elemen masyarakat berpartisipasi menyukseskan kegiatan tersebut. 

Hal terkait dibuktikan dengan dukungan ketua RT, RW hingga Kepala Desa Pandanrejo. Tindakan nyata ini dimulai dari diskusi dengan ketua RT dan warga tentang hambatan dalam menjalankan ronda malam.

“Alhamdullilah, kami sangat senang sekali dengan kedatangan adik-adik KKN dari Universitas Kanjuruhan Malang ini untuk penyemangat dari warga untuk membangun ketertiban dan keamanan melalui siskamling ini," ungkap Nanang Cahyono selaku Kepala Desa Pandanrejo. 

Membangun ketertiban lingkungan dimulai dari ruang lingkup kecil hingga tataran yang luas. Menjaga suasana kondusif di masyarakat adalah tanggungjawab dari warga sendiri. 

“Kemudahan dalam operasional siskamling ini perlu diatur dengan baik sehingga semua warga masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama untuk menjaga keamanan lingkungan,” sambung Klementinus selaku Kordes KKN Unikama.

Bangunlah jiwanya, bangunlah badannya adalah semboyan mahasiswa dalam pengabdian di desa ini. Masyarakat tidak hanya diajarkan bertani, berwirausaha dan berbagai sektor lainnya, namun kesadaran akan keamanan pun harus diunggulkan. 

Masyarakat di desa tentunya berbeda dengan di kota. Perbedaan tersebut terletak pada pola pikir, hal ini mengakibatkan usaha yang tinggi demi pemberdayaan masyarakat. 

“Masyarakat desa tidak hanya diberitahu secara lisan saja, namun perlu dibuktikan dengan tindakan,” kata Agustinus H. Manggo ketua kelompok II. 

Selain itu, upaya positif ini diaktifkan untuk menyongsong HUT RI ke 72 dan akan terus berlanjut. Kehadiran mahasiswa ini memberikan nuansa yang baru bagi masyarakat desa pandanrejo. Dengan demikian desa yang di bawah pimpinan Nanang Cahyono ini akan aman, kondusif dan jauh dari kata kericuhan.

Tak hanya itu, mahasiswa juga akan menggelar kegiatan "Jalan Pandanrejo Sehat” pada 06 Agustus 2017 mendatang. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES