Indonesia Positif Ketahanan Informasi Sosial

GP Ansor Tegaskan Asas Tunggal Pancasila

Minggu, 23 Juli 2017 - 13:30 | 97.34k
(Foto: AJP/TIMES Indonesia)
(Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Bentuk kecintaan pada Tanah Air selalu digelorakan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Situbondo. Kali ini GP Ansor mengajak masyarakat untuk mencintai Pancasila sebagai falsafah Negara melalui apel kebangsaan, Minggu (23/7/2017).

GP-Ansor-AJP-2wLNza.jpg

Yogi Kripsian Syah Ketua PC GP Ansor Situbondo, mengatakan saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami ujian. Dimana banyak masyarakat yang masih belum menyadari bahwa Indonesia ditakdirkan sebagai umat yang beragam, tidak hanya satu umat saja.

"Kalau Allah berkehendak maka Allah bisa menjadikan umat hanya satu saja. Tapi inilah takdir, takdir kebangsaan, takdir NKRI, kita dijadikan beragam suku bangsa, ras dan agama, mari kita sadari dan tanamkan komitmen kebangsaan kita bahwa NKRI dan Pancasila itu sudah final, seperti yang dicontohkan oleh para ulama dan pahlawan kita," jelasnya.

GP-Ansor-AJP-3LTqVk.jpg

Yogi mengingatkan seluruh komponen masyarakat terutama kader-kader GP Ansor dan Banser merapatkan barisan untuk menjaga NKRI dan Asas Tunggal Pancasila sebagai ideologi negara. Disamping itu ia mengajak masyarakat yang benci dan ingin merongrong Pancasila segera sadar dan kembali kepangkuan ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Di Situbondo inilah Pancasila diterima sebagai asas tunggal pada Munas Alim Ulama tahun 1983 dan diformalkan pada Muktamar 1984 di Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, jadi kita wajib menjaga konsensus ini," ujarnya.

Sementara itu Dandim 0823 Situbondo, Letkol Inf. Ashari, S.Pd dan Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, SH. SIK. MSc (Eng) mengapresiasi acara tersebut. Menurutnya Apel Kebangsaan yang diselenggarakan oleh GP Ansor Situbondo merupakan wujud realisasi dari "Hubbul Wathon Minal Iman" yaitu mencintai tanah air adalah bagian dari iman.

"Mari kita rawat kebhinekaan ini, dan jaga bersama-sama, ini tidak hanya menjadi tugas pemerintah, TNI dan Polri namun juga seluruh komponen masyarakat, termasuk Ansor dan Banser. Saya ingin Banser terus berperan aktif menjaga Pancasila, Pancasila telah final," kata Letkol Inf. Ashari.

Kapolres Situbondo, AKBP Sigit Dany Setiyono, mengatakan dibawah Pancasila lah Indonesia bisa tegak sampai detik ini. "72 tahun kita berdiri, sampai hari ini berada dibawah naungan Pancasila, inilah yang menyebabkan kita tegak sampai hari ini. Tidak ada sebuah negara yang besar, tanpa sebuah nilai yang sangat besar yang mengikatnya, dan pengikat kita bersama adalah Pancasila," tegasnya.

GP-Ansor-AJP-4DM8dL.jpg

Apel Kebangsaan memperkokoh kesetiaan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Ansor dan  Barisan Ansor Serbaguna (Banser) terhadap Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) digelar di lokasi Carfreeday di alun-alun Situbondo.

Sejumlah Pengurus Anak Cabang (PAC) GP Ansor  bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) Situbondo, diantaranya Bupati Situbondo, Wakil Bupati Situbondo, Kapolres Situbondo dan Komandan Kodim Situbondo juga hadir.

Pada kesempatan itu pula, kader Banser Situbondo juga melakukan sejumlah atraksi, diantaranya antraksi memecahkan buah kelapa dengan kepala, memakan pecahan kaca, memakan bara api dan menarik mobil dengan menggunakan rambut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES