Indonesia Positif Ketahanan Informasi Sosial

Pemkab Probolinggo Bikin Jalan Sumber Mulus

Kamis, 20 Juli 2017 - 13:05 | 135.59k
Proyek peningkatan jalan di Kecamatan Sumber. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
Proyek peningkatan jalan di Kecamatan Sumber. (Foto: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Infrastruktur jalan di Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo, Jatim, yang salama ini rusak parah, akan menjadi mulus dalam waktu dekat. Sebab, Pemkab Probolinggo mengalokasikan anggaran jumbo untuk peningkatan dan pemeliharaan di kecamatan tersebut.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Probolinggo, Prijono, bahkan menyebut, anggaran infrastruktur jalan di Sumber merupakan yang terbesar dibandingkan 23 kecamatan lain se-Kabupaten Probolinggo.

"Ya (paling besar, Red) karena kondisinya seperti itu," katanya kepada TIMES Indonesia.

Untuk jalur Kecamatan Kuripan sampai Ledokombo, Kecamatan Sumber saja sepanjang 14 kilometer, anggarannya Rp 9,2 Miliar yang terbagi dalam lima paket pekerjaan.

Jika ditambah dengan proyek peningkatan jalan Kecamatan Sukapura sampai Wonokerso, Kecamatan Sumber sebesar Rp 2 Miliar, angkanya menjadi Rp 11,2 Miliar. Saat ini, proyek tersebut sedang dikerjakan.

Prijono mengatakan, ada tiga macam pekerjaan dalam proyek tersebut. Yaitu lapen untuk tambal sulam; rigid beton untuk yang rusak berat dan tanah gerak; serta hotmik untuk yang rusak ringan dan tanah stabil.

Agar tak mengganggu mobilitas warga dan angkutan sayur-mayur, proyek dikerjakan separuh-separuh. Satu lajur digarap duluan, lalu disusul lanjur lainya secara bergantian. Dengan demikian, angkutan hortikultura dan mobilitas warga tetap berjalan. Tapi belakangan, karena di sejumlah titik lebar jalan tidak cukup, akses jalan terpaksa harus ditutup total selama pekerjaan berlangsung.

"Tapi sudah ada jalan alternatif. Dikoordinir kades dan camat," jelasnya. Terkait dengan pembenahan infrastruktur jalan itu, Camat Sumber, Bambang Julius Widjanarko mengatakan menggenjot pengembangan potensi wisata. Mulai negeri di atas awan (B-30), hingga air terjun Tundo Pitu.

Diketahui, Sumber merupakan kecamatan di dataran tinggi. Kecamatan ini, merupakan salah satu sentra hortikultura di Kabupaten Probolinggo. Terletak di sisi timur Gunung Bromo, tak sedikit Suku Tengger yang tinggal di kecamatan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-7 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES