Peristiwa Daerah

Ini Empat Foto Pendiri NU yang Viral di Media Sosial

Rabu, 05 Juli 2017 - 13:01 | 529.64k
Foto pendiri NU, Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari yang baru ditemukan di Ponpes Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura. (Foto: istimewa)
Foto pendiri NU, Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari yang baru ditemukan di Ponpes Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura. (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Beberapa pekan ini, media sosial diramaikan dengan ditemukannya empat foto pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari. 

Foto tersebut ditemukan di arsip foto Almarhum KH Amir Ilyas, Pondok Pesantren Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura. Ditemukannya foto tersebut setelah Gus Muhammad Almubassyir Sa'di, cucu dari KH Amir Ilryas.

pendiri-NU2IVLoN.jpg

Gus Almubassyir Sa'di membongkar arsip atau koleksi foto yang disimpan oleh kakeknya KH Amin Ilyas, lalu ditemukan empat foto muassis NU tersebut pada 2 Syawal, dan diupload melalui akun instagramnya.

Di balik foto itu tertulis keterangan nama Hadratus Syekh KH Hasyim Asyari. Hal itu diriwayatkan dari Gus Muhammad Al Faiz Sa'di, melalui status Facebook miliknya.

pendiiri-NU2JEdpe.jpg

Keterangan tersebut diunggah oleh Ketua PBNU, KH Robikin Emhas, di akun Facebook miliknya. "Demikian tulis Mas Akhmad Subhan pada akun facebooknya," tulis Robikin Emhas, Rabu (5/7/2017).

Dalam unggahan foto tersebut Robikin menulis "Nasionalisme adalah bagian dari iman. Ungkapan Mbah Hasyim Asy'ari semasa pra-kemerdekaan Republik Indonesia itu belakangan semakin terasa maknanya."

pendiri-NU1plf01.jpg

Apalagi tulis dia, di negara bangsa dimana sebagian kalangan masih memperhadapkan negara dengan agama. Sesuatu yang tak pada tempatnya.

Foto Mbah Hasyim itu juga ramai diperbincangkan di kalangan kiai NU. Mulai dari WA hingga media sosial lainnya yang dihuni oleh warga Nahdliyin.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES