Peristiwa Daerah

Warga Muncar Banyuwangi Rayakan Lebaran  di Tengah Banjir

Selasa, 27 Juni 2017 - 10:59 | 73.37k
Kondisi banjir di Dusun Kalimati, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi,  Selasa (27/6/2017). (Foto : Romi S/TIMESIndonesia).
Kondisi banjir di Dusun Kalimati, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi,  Selasa (27/6/2017). (Foto : Romi S/TIMESIndonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemeriahan Hari Raya Idul Fitri tak bisa di nikmati oleh warga Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur.

Mereka justru bersusah hati karena banjir melanda pemukiman mereka.

Banjir setinggi 50 centimeter ini terjadi setelah hujan deras di sebagian wilayah Banyuwangi.

Banjir kiriman ini setidaknya menggenangi puluhan rumah warga, di 4 RT, Desa Kedungrejo.

Seperti yang di alami Wiwik, seluruh bagian rumahnya, di genangi air hingga selutut orang dewasa, hingga tak bisa merayakan lebaran seperti warga lainya.

Dirinya juga harus menaruh perabotannya seperti kasur, kompor dan barang barang berharganya di tempat yang lebih atas, agar tak terkena air.

"Ya kalau kayak gini, apa bisa keluar. orang juga mana bisa datang ke sini, pasti ngurusi rumahnya yang banjir," kata Wiwik, Selasa (27/6/2017) sembari menunjukan kondisi rumahnya.

Banjir ini, lanjut Wiwik, sudah terjadi dua kali. Tepatnya di bulan puasa hari kedua, dan sekarang ini, hari raya ketiga.

Halili, warga lain mengatakan, banjir ini disebabkan karena irigasi yang berada di perkampungan padat tersebut kurang berfungsi, sehingga ketika ada kiriman air dari sawah tak bisa menampungnya hingga meluber ke rumah warga.

“Ini gotnya kecil, jadi kalau air datang dari barat, meluber ke jalan dan masuk kerumah warga,” papar Halili.

Warga sekita berharap, ada solusi terkait banjir yang sudah terjadi lima kali sejak tahun 2000 ini.

Dari pantauan TIMES Indonesia di lapangan, sekitar pukul 10.00 WIB, air sudah mula berkurang hingga ketinggian 20 centi meter. Tak ada satupun petugas dari pemerintahan yang terlihat membantu warga.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES