Pendidikan

Ini Cara Tumbuhkan Minat Baca pada Anak

Selasa, 27 Juni 2017 - 18:38 | 24.89k
ILUSTRASI: Cara Tumbuhkan Minat Baca pada Anak. (Foto: IDNPortal)
ILUSTRASI: Cara Tumbuhkan Minat Baca pada Anak. (Foto: IDNPortal)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menumbuhkan minta baca pada anak memang susah-susah gampang. Harapan orangntua anak yang gemar membaca akan lebih pandai,  sebab banyak informasi yang dia dapatkan.

Ada tujuh cara untuk membesarkan dan mengajak anak jadi suka membaca. 

1. Bacakan buku dari sedini mungkin

Tak pernah ada kata terlalu dini untuk mengenalkan anak pada buku. Bahkan, Anda sudah bisa memperkenalkan buku pada anak sebelum Anda melihatnya, alias saat masih di dalam kandungan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pacific Lutheran University menemukan, bayi mulai belajar dan memahami bahasa sejak dalam kandungan. Jadi, jika Anda secara konsisten membaca buku dengan suara lembut dan menenangkan saat sedang hamil, dan meneruskan kebiasaan ini saat anak sudah lahir, Anda sudah mulai menjadikannya seorang pembaca.

2. Ciptakan ritual membaca bersama

Saat kesibukan sehari-hari menumpuk, memang menggoda untuk melewatkan waktu membacakan anak dongeng sebelum tidur. Namun jika Anda secara konsisten terus menjadikan hal ini sebagai prioritas, anak akan belajar bahwa bersantai dan membaca adalah sesuatu yang menenangkan, bermanfaat, dan penting.

Kebiasaan ini akan terus dibawanya sampai dewasa yang akan membuatnya menjadikan buku sebagai "obat" pengusir stres nantinya.

3. Tak usah memusingkan bacaan yang sesuai

Jika anak Anda yang berusia enam tahun sudah memohon ingin membaca Harry Potter, tak perlu menunggu sampai dia lebih besar. Bacalah satu bab bersama setiap malam. Saat akhirnya kalian akan memulai buku kedua, jangan terkejut ketika dialah yang akan membacakannya untuk Anda.

4. Temukan buku sesuai kesukaannya

Jika anak Anda terobsesi dengan kereta api, luar angkasa, atau hewan, belilah buku-buku sesuai dengan hal-hal tadi. Bahkan pastikan Anda memiliki lebih dari satu. Hal ini akan membuat anak sangat senang dan membangkitkan gairahnya untuk membaca.

5. Cari inspirasi dari versi film atau serial TV

Sekarang sudah sangat banyak buku yang dijadikan film atau serial TV. Jadi ketika anak Anda menyukai suatu film yang diangkat dari buku, sangat mungkin dia juga akan menikmati bukunya.

Hal ini juga berlaku sebaliknya. Jika anak menyukai suatu film atau serial kartun yang kemudian dibuat bukunya, pastikan Anda membelikannya untuk anak. Dia akan sangat menikmatinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES