Wisata

Ini Wisata Sejarah di Madura yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Selasa, 27 Juni 2017 - 15:09 | 290.41k
Masjid Agung Sumenep. (Foto: Masjid Rumah Alloh)
Masjid Agung Sumenep. (Foto: Masjid Rumah Alloh)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berlibur tidak harus ke wisata alam. Objek wisata sejarah cukup menarik untuk  dikunjungi, bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Di Madura, ada banyak destinasi yang membawa anda mengenal lebih jauh sejarah daerah yang masuk dalam wilayah administrasi provinsi Jawa Timur ini. Beberapa objek wisata sejarah yang perlu dikunjungi saat berada di Pulau Madura.

Masjid Agung Sumenep

Masjid Agung ini berada di kawasan Alun-alun Sumenep. Dulunya disebut Masjid Jami Panembahan Somala atau dikenal dengan sebutan Masjid Jamik. Tempat ini menjadi salah satu landmark Pulau Madura. Termasuk salah satu bangunan masjid tertua dan berasitektur khas di Nusantara.

Kota Tua Kalianget

Lokasi Kota Tua Kalianget di Kabupaten Sumenep bagian Timur. Tempat wisata ini kental dengan unsur sejarah. Desain bangunan disini merupakan model ala Belanda. Gedung-gedung tua membawa anda untuk menelisik sejarahnya, sekaligus cocok untuk latar berfoto.

Museum Keraton Sumenep

Museum Kraton Sumenep berada di Jalan Dr  Soetomo. Tempat ini menyimpan banyak cerita dan peninggalan sejarah. Berkunjung ke sini, anda dapat menemui berbagai benda bersejarah, seperti keramik milik Dinasti Ming atau naskah-naskah kuno. Hal menarik, di museum ini ada AlQuran berkuruan besar yang ditulis tangan. Museum Kraton Sumenep diresmikan pada tahun 1965. 

Museum Mandhilaras 

Tempat ini merupakan museum umum daerah yang berada di Pulau Madura. Terletak di Jalan Cokroaminoto, Kabupaten Pamekasan. Nama Mandhilaras diambil dari sejarah kebesaran di Pamekasan, Keraton Mandhilaras. Keraton ini dikenal pada abad XVI ketika Panembahan Ronggosukowati memindahkan pusat pemerintahan dari Keraton Labangan Daja ke Keraton Mandhilaras.

Api Abadi

Berada di Desa Larangan Tokol, Kabupaten Pamekasan, ada Api Abadi. Objek wisata ini cukup terkenal di Pulau Madura. Anda bisa belajar sejarah, ada legenda dari fenomena alam ini.

Sentra Batik Madura

Nah, untuk destinasi satu ini, anda akan dimanjakan dengan keindahan batik khas Madura. Tak hanya berwisata dan berbelanja, anda bisa belajar sejarah batik Madura. Sentra Batik Madura berada di wilayah Kabupaten Bangkalan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES