Peristiwa Daerah Mudik 2017

Sebelum Perjalanan Jauh, Supir Bus di Terminal Purabaya Jalani Tes kesehatan

Sabtu, 24 Juni 2017 - 16:56 | 34.47k
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji beserta UPTD Terminal Purabaya saat melihat langsung proses tes kesehatan para supir bus. (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji beserta UPTD Terminal Purabaya saat melihat langsung proses tes kesehatan para supir bus. (Foto: Mulya Andika/TIMES Indonesia)
FOKUS

Mudik 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – UPTD Terminal Purabaya Bungurasih Sidoarjo dan pihak Kepolisian melakukan tes kesehatan terhadap para sopir bus. Satu per satu sopir bus dan kondekturnya diharuskan ke Posko Kesehatan untuk mengikuti tes kesehatan.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji yang datang langsung untuk melihat tes kesehatan tersebut mengatakan jika tes kesehatan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada pemudik Lebaran yang melalui Terminal Purabaya tersebut.

"Tes kesehatan ini penting, untuk mengurangi angka kecelakaan yang disebabkan sopir bus yang lelah pada saat mengemudikan busnya dalam perjalanan jauh," katanya Sabtu (24/6/2017).

Lebih jauh, Himawan menegaskan agar para sopir bus juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas s‎erta menjaga kondisi tubuhnya dan tidak memaksakan diri untuk terus melakukan perjalanan apabila dalam kondisi kurang fit atau mengantuk.

Tes-KesehatanNbyQM.jpg

"Para sopir harus tau diri, jika lelah atau mengantuk diharapkan tidak memaksakan untuk melanjutkan perjalanan, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak di inginkan," tegasnya.

Sementara itu M Ahmad, salah satu sopir bus jurusan Bondowoso, mengaku antusias mengikuti tes kesehatan ini, sebab pria berusia 40 tahun ini mengeluhkan sulit atau susah tidur.

"Tes kesehatan ini baik, sangat membantu kami (sopir bus red) untuk mengetahui kondisi kesehatan sebelum mengemudi jarak jauh," paparnya.

Se‎mentara Ny Nia salah satu petugas kesehatan di Posko Terminal Purabaya, memaparkan jika para sopir bus ini kebanyakan mengeluhkan soal kecapekan, lelah dan ada yang sulit tidur.

"Hasil tes kesehatan para sopir ini normal tidak ada yang menggunaka narkoba. Para sopir rata-rata mengeluhkan kecapekan saja," paparnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES