Indonesia Positif Ketahanan Informasi Sosial

Peduli Kemiskinan Warga, Karang Taruna Tuban Bagikan Sembako

Jumat, 23 Juni 2017 - 21:37 | 100.82k
Karangtaruna Tuban peduli kemiskinan, Jum'at (23/06/2017) (Foto: Safuwan TIMESIndonesia)
Karangtaruna Tuban peduli kemiskinan, Jum'at (23/06/2017) (Foto: Safuwan TIMESIndonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, TUBAN – Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengalami peningkatan jumlah kemiskinan. Jumlahnya mencapai 198.350. Kondisi tersebut membuat keprihatinan tersendiri bagi para pemuda karang taruna di Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Tuban.

Melalui program "Kita Peduli" bekerja sama dengan TNI dan Polri, pemuda karang taruna berupaya untuk mengentas kemiskinan di Tuban dengan membagikan sembako ke warga kurang mampu.

"Hari ini merupakan bulan ke 4 kami peduli. Sasaran penerima bantuan pada bulan ini meningkat dari sebelumnya yang hanya 17 menjadi 39 keluarga miskin," ungkap Koordinator Program Kita Peduli, Arifin.

"Meski sasaran dan tujuanya ratusan warga miskin yang ada di Desa Pongpongan, tapi kami tim Kami Peduli akan berupaya supaya semua warga miskin yang ada di desa bisa tersentuh oleh program ini," ujar Arifin.

Menurut Arifin, meski Desa Pingpongan termasuk Ring 1 PT. Semen Indonesia, namun kemiskinan di desanya masih cukup tinggi.

"Banyak masyarakat yang tidak mampu tidak tersentuh, bahkan hidup dengan tidak layak. Semoga dengan ada kegiatan ini pemdes dan perusahaan Semen Indonesia bisa memahami dengan kondisi ini," tegasnya.

Arifin juga menilai model implementasi program CSR Semen Indonesia di desanya hanya terfokus pada infrastruktur saja. Menurutnya, program-program CSR belum menyentuh substansi permasalahan kemiskinan yang ada.

"Jangan semua CSR dan angaran desa dihabiskam untuk pembangunan infakstruktur. Dengan kondisi itu kapan kemiskinan bisa berkurang," keluh Arifin.

Sementara perwakilan polri yang dipelopori Babinkamtibmas Desa Pongpongan, Bripka Eko Purnomo dan perwakilan TNI Babinsa Desa Pongpongan Serda Eko Rudianto, menjelaskan, pemberian bantuan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kepeduliam masyarakat kepada sesama.

"Upaya pengentasan kemiskinan memerlukan dukungan dari masyarakat, karena itu melalui program Kita Peduli, TNI dan Polri ingin mengembangkan semangat kepedulian masyarakat kepada kaum papa," ungkap Eko Rudianto, Babinsa Desa Pongpongan, diamini Babinkamtibmas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES