Kuliner

Tak Hanya Telur, 4 Makanan Ini Juga Tinggi Protein

Minggu, 25 Juni 2017 - 02:26 | 30.21k
ILUSTRASI. Protein dalam ikan bisa dijadikan alternatif pengganti protein pada telur. (Foto: weeklysauce.com)
ILUSTRASI. Protein dalam ikan bisa dijadikan alternatif pengganti protein pada telur. (Foto: weeklysauce.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Telur merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein baik untuk tubuh. Tapi sayangnya, sebagian besar orang memiliki alergi atau reaksi tubuh buruk terhadap telur. Anda yang memiliki alergi terhadap telur tak perlu khawatir kekurangan protein. Anda bisamengonsumsi makanan pengganti telur yang juga memiliki kandungan protein tinggi. Berikut 4 makanan pengganti telur yang sama bergizi dan bermanfaatnya bagi tubuh, dilansir dari Hello Sehat. 

1. Daging
Daging sapi, ayam ataupun daging unggas lainnya merupakan salah satu makanan pengganti telur yang memiliki protein dalam jumlah banyak. Meskipun daging memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, tapi kalau mengonsumsinya dalam takaran yang cukup tidak akan menyebabkan efek tertentu pada tubuh.

2. Ikan
Selain telur dan daging, ikan juga merupakan sumber nutrisi serupa yang sama dibanding dengan keduanya. Tidak hanya ikan, sumber protein lain juga bisa didapat dari makanan laut lainnya seperti kerang dan tiram. Disarankan untuk mengonsumsi ikan salmon karena kandungan rendah lemaknya. Pada kandungan ikan salmon, ikan nila dan ikan tuna terdapat 21 gram protein per porsinya, yang jumlahnya sudah mencukupi kebutuhan protein tubuh sehari-hari.

3. Produk Olahan Berbahan Susu
Susu dan bahan makanan lain yang juga terbuat dari susu bisa menjadi salah satu makanan pengganti telur yang aman dan baik untuk tubuh. Ada keju, yoghurt, keju cottage dan masih banyak lainnya. Masing-masing makanan berbahan susu tersebut, memiliki protein dalam jumlah yang cukup serta dapat menjadi sumber kalsium baik bagi tubuh.

4. Biji Gandum
Olahan biji gandum utuh seperti tepung gandum, roti gandum dan pasta gandum mengandung sejumlah protein dan berbagai nutrisi lainnya. Pada 100 gram olahan biji gandum mengandung sekitar 12,5 gram protein. Tapi sayang, tidak sama halnya dengan telur, biji gandum memang mengandung protein, tapi tidak semua kandungan protein ada di dalamnya. Salah satu contoh protein yang kurang adalah kandungan asam amino esensial, namun olahan bii gandum masih sehat dan bergizi untuk dijadikan makanan pengganti telur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Siska Febrina

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES