Peristiwa Daerah Mudik 2017

Tips Anti Mabuk Perjalanan

Jumat, 23 Juni 2017 - 12:25 | 30.07k
ILUSTRASI: Mabuk (Foto: Kesiniaja)
ILUSTRASI: Mabuk (Foto: Kesiniaja)
FOKUS

Mudik 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Masa mudik lebaran telah tiba. Sebagian besar warga memilih utnuk pulang ke kampung halaman, merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga terkasih. 

Perjalanan mudik bisa sangat menyenangkan sebab momen mudik dirasakan setahun sekali. Warna warni perjalanan mulai dari kemacetan, hingga istirahat di posko-posko kesehatan sangat dinikmati oleh pemudik. 

Namun perjalanan mudik juga bisa mengesalkan jika Anda atau anggota keluarga kerap dilanda mabuk perjalanan. Kalau sudah begitu, perjalanan tak lagi dapat dinikmati. 

Kinetosis atau mabuk kendaraan disebabkan karena rasa cemas selama perjalanan, dan bisa juga karena perbedaan antara apa yang dilihat dengan tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Maka dari itu sering sekali mengalami gejala seperti mual, kelelahan, pusing dan keringat dingin.

Nah berikut ini ada tips untuk mengatasi hal tersebut 

1. Pilih tempat duduk dibagian depan kendaraan

Bila Anda berada duduk di tengah atau belakang, akan merasakan ketidaksesuaian apa yang dilihat dengan yang dirasakan oleh tubuh. Maka pindahlah ke bagian depan kendaraan agar mata dapat melihat dan tubuh dapat menginterpretasikan apa yang dilihat dengan keadaan kendaraan, baik saat berbelok ataupun meningkatkan kecepatannya.

2. Kondisi udara dalam kendaraan harus dijaga

Perputaran udara dalam kendaraan wajib diperhatikan sebab bila terlalu pengap, maka akan menimbulkan rasa mual. Disarankan untuk menjaga kedinginan udara dalam mobil, sebab akan mengurangi rasa mual.

Atau dengan membuka jendela mobil Anda, agar bisa menikmati udara segar dan jauhi diri dari objek visual seperti membaca atau bermain gadget, karena akan menyebabkan pusing.

3.Menjaga pola makan

Bila akan melakukan perjalanan, hindari makanan yang berlemak dan alkohol, sebab dua jenis makanan tersebut membuat kondisi tubuh bertambah mual dan pusing.

Saran untuk pengendara bawalah bekal, berupa makan ringan yang tidak menimbulkan gejala tersebut.

4.Siapkan Cemilan dan air minum

Cemilan ringan dapat mengatasi kondisi perut yang kurang nyaman, sediakan biskuit asin, roti kering dan sejenisnya.

Bila bisa sediakan cemilan dari jahe seperti manisan jahe dan sebagainya, karena jahe bermanfaat untuk mengatasi rasa mual.

Bagi Anda yang tidak suka cemilan dari jahe bisa alihkan ke permen karet atau permen mint.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : CNN Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES