Kesehatan

Lima Gerakan Yoga Yang Mudah Dilakukan di Rumah

Selasa, 27 Juni 2017 - 08:39 | 109.33k
ILUSTRASI: Gerakan Yoga (Foto: Cantikitu)
ILUSTRASI: Gerakan Yoga (Foto: Cantikitu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Yoga terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Sebab, latihan yoga dapat membuat tubuh menjadi lebih lentur, fleksibel dan membuat pikiran menjadi rileks. 

Latihan yoga tak harus dilakukan di klub kebugaran atau dengan instruktur yoga. Namun, anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga yang mudah di rumah agar tubuh selalu fit dan bugar. 

Dihimpun dari Canadian Living, anda hanya perlu matras dan baju yang nyaman untuk berlatih yoga di rumah. Ada lima latihan yoga yang bisa dimaksimalkan di rumah dengan hanya berlatihan empat kali seminggu. Berikut lima gerakan yoga yang bisa dilakukan dirumah.

1. Upward Hand Pose

Gerakan ini dapat dilakukan di tempat yang sepi dan tenang serta cahaya redup agar pikiran lebih rileks. Gerakan ini dapat membantu peregangan di tubuh bagian depan seperti bahu, dada, perut dan pinggul. Hal yang harus dilakukan dalam gerakan ini ialah tarik napas dalam-dalam, lalu ayunkan kedua tangan ke atas. Saat kedua tangan menutup di atas kepala, tarik punggung ke arah dalam hingga dada membusung.

2. Standing Forward Bend

Gerakan ini dilakukan dengan menarik nafas, lalu keluarkan secara perlahan ketika Anda membungkuk dengan kaki tetap lurus. Luruskan tangan ke arah bawah sampai menyentuh lantai. Rasakan kontraksi pada kedua paha. Jika tidak kuat, bisa sedikit menekukkan lutut. Gerakan ini berguna untuk meregangkan bagian belakang tubuh seperti punggung, tulang belikat, bokong dan betis. 

3. Mountain Pose

Gerakan ini dilakukan dengan berdiri lalu kedua tangan menutup di depan dada, dalam posisi seperti berdoa. Lebarkan kedua kaki sejajar dengan pinggul, lalu ambil napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Latihan ini juga bisa dilakukan dengan variasu dengan mengangkat salah satu kaki untuk melatih keseimbangan tubuh. Gerakan ini dapat membantu bernapas lebih stabil dan menenangkan pikiran. 

4. Half-standing Forward Bend

Gerakan ini hampir sama seperti Standing Forward Bend. Namun, pada gerakan ini posisi badan dibungkukkan sejajar dengan bokong, wajah melihat ke depan dan tangan diturunkan sebatas mata kaki. Gerakan ini berfungsi menguatkan punggung bagian bawah dan paha belakang. 

5. Plank Pose

Gerakan ini dilakukan dengan menekuk lutut hingga kedua tangan bisa menyentuh matras. Tarik dan keluarkan napas, lalu luruskan kaki belakangan, seperti hendak melakukan push-up. Namun, yang terpenti saat melakukan posisi ini, tubuh harus dipastikan dalam posisi lurus, tangan sejajar bahu. Gerakan ini berguna untuk menguatkan bahu dan perut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES