Kesehatan

Kudapan Ini Bisa Membantu Bentuk Otot

Minggu, 25 Juni 2017 - 13:17 | 55.54k
ILUSTRASI - Kacang Almond (Foto: Manfaat)
ILUSTRASI - Kacang Almond (Foto: Manfaat)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagian orang melakukan olahraga untuk membentuk tubuh atletis dan terlihat bugar dengan olahraga. Bahkan, untuk mendapatkan hal itu, banyak yang menghabiskan waktu di gym dengan berjam-jam untuk membentuk otot. 

Namun, untuk membentuk otot ternyata tidak bisa dilakukan dengan latihan saja. Sebab, dalam membentuk otot, anda juga perlu memerlukan nutrisi agar otot bisa berkembang sempurna. 

Menurut informasi yang dihimpun TIMES Indonesia dari fashionbean, ada beberapa tips cara untuk membentuk otot. 

1. Makanan pengatasi rasa Lapar dengan kudapan sehat

Memilih makanan merupakan faktor penting untuk kesuksesan membentuk otot. Penelitian di AS menyebutkan 40 persen dari asupan kalori harian, didapatkan dari mengkonsumsi dari makanan ringan. 

Akan tetapi, saat mengkonsumsi makanan ringan ini, jarang sekali kita menghitung kalori yang terkandung didalamnya. Padahal kalori yang masuk mungkin lebih dari 200 kcal sekali makan.

Untuk itu, disarankan mengkonsumsi kacang almond untuk kudapan. Takarannya, anda bisa makan 10 butir di pagi menjelang siang, dan 10 biji lagi di sore hari. Kacang almond ini mengandung banyak protein dan lemak sehat yang bisa menekan rasa lapar. 

2. Makanan pembakar lemak

Menurut penelitian di jurnal yang diterbitkan oleh Public Library of Science, pedasnya cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, dan meningkatkan oksidasi lemak.

Senyawa capsaicin yang terkandung di dalam cabai ini juga, diklaim penelitian lain di jurnal Appetite oleh Departemen Pangan di AS mampu mengurangi asupan kalori.

Oleh karena itu, mengkonsumsi cabai bisa menjadi cara untuk membakar lemak dan mengurangi kalori yang disimpan tubuh.

3. Makanan berprotein untuk membangun otot

Selain rutin melatih otot dengan olahraga, makanan yang mengandung protein bisa mempercepat pembentukan otot. Bahkan berbagai sumber menyebutkan anda disarankan memliki asupan 3.500 kcal sehari, dengan setidaknya 150 g protein.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, anda bisa mengkonsumsi dada ayam tiga kali sehari. Bila tidak ada ayam, anda bisa menggantikannya, atau dendeng daging.

4. Makanan mempercepat tidur

Dalam membentuk otot, tubuh memerlukan istirahat agar otot bisa terbentuk dan memperbaiki kerusakan di malam hari. Karena itu, semakin cepat tidur membuat semakin banyak kesempatan untuk memulihkan otot yang dipakai latihan. 

Untuk mempercepat tidur, anda bisa mengkonsumsi dua buah kiwi sebelum tidur. Sebab, menurut penelitian dari University of Taipei menemukan, kandungan serotonin pada kiwi membantu mempercepat tidur 35 persen lebih cepat dan lebih pulas.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES