Peristiwa Daerah

Bupati Anas Tanggapi Tantangan Jadikan Banyuwangi Wisata Dunia

Kamis, 22 Juni 2017 - 23:21 | 30.78k
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.  (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. (Foto : Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas merespon tantangan Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk mengembangkan pariwisata Banyuwangi naik kelas hingga benar-benar menjadi tujuan wisata Dunia. Anas mengatakan, pengembangan pariwisata akan terus dilakukan.

Sejumlah kreativitas dimunculkan, seperti beragam atraksi festival, bandara dengan terminal hijau pertama di Indonesia, penataan destinasi, promosi berbasis digital, dan penambahan infrastruktur penunjang baru. Dengan itu diharapkan pariwisata Banyuwangi tetap berkembang meski dengan berbagai keterbatasan.

”Pariwisata itu jalan tercepat memutar ekonomi, sudah banyak teori dan buktinya. Sekarang promosi, bulan depan ada orang datang. Belanja makan pasti bayar, tidak bisa ngutang. Wisatawan nginap di homestay, hotel, tidak mungkin di masjid. Tapi prosesnya tidak mudah. Dan tidak bisa hanya peran pemerintah daerah. Promosi Bali di Eropa itu sudah ada lebih dari 100 tahun lalu. Banyuwangi baru memulai, tapi akan terus tumbuh,” kata Anas, Kamis (22/6/2017).

Anas memaparkan pengembangan pariwisata yang kini tengah dilaksanakan diantaranya pembangunan Pelabuhan Kapal Pesiar di Pantai Boom yang ditargetkan tuntas di tahun 2018. Selain itu, cable car atau kereta gantung di kawasan Kawah Ijen dalam proses perizinan pemerintah pusat. Juga pemasangan jetty di Pantai Watudodol di utara Banyuwangi tuntas Februari 2018.

”Fasilitas juga terus bertambah. Misalnya hotel, sekarang ada 3.571 hotel, kemarin tambah hotel berbintang empat baru El Royale Hotel. Sampai tahun depan proses konstruksi satu hotel bintang empat, satu bintang tiga, satu konsep resor,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya menargetkan Banyuwangi bisa menjadi tujuan wisata dunia. Hal ini karena Banyuwangi telah memiliki daya dukung pariwisata yang memadai, baik dari sisi aksesibilitas, amenitas (fasilitas penunjang), maupun atraksi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES