Kesehatan

Ini Pentingnya Mengenal Karbohidrat Untuk Diet

Minggu, 25 Juni 2017 - 19:17 | 30.09k
ILUSTRASI: Makanan Berkarbohidrat (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Makanan Berkarbohidrat (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tubuh langsing dan ideal tentu diinginkan setiap orang yang ingin menjaga penampilannya. Selain berolahraga, penting untuk mengetahui asupan karbohidrat untuk dapat meyukseskan diet dan menjaga badan tetap bugar. 

Menurut informasi yang dihimpun TIMES Indonesia dari Lifehack, terdapat 4 hal penting untuk dapat mengakali pengurangan asupan karbohidrat tanpa takut badan menjadi gemuk. 

Pertama, memahami pentingnya cara kerja karbohidrat. Karbohidrat ini penting sangat penting untuk tubuh. Sebab, karbohidrat memaksimal fungsi dalam tubuh dalam menjaga metabolisme dan pertumbuhan dan metabolisme. Zat karbohidrat ini biasa ditemukan dalam makanan berbahan tepung seperti roti, mie dan pasta atupun beras, sayuran serta buah. 

Kedua memahami dampak mengkonsumsi karbohidrat sederhana dan komplek. Karbohidrat sederhana memiliki dampak membuat berat badan naik dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya. Karbohidrat sederhana ini bisa ditemukan pada makanan berbiji-bijian olahan. 

Sedangkan. karbohidrat kompleks yang terdapat dalam biji-bijian berkhasiat  mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan secara efektif. 

Ketiga, menghindari makanan kabohidrat sementara dengan makanan yang rendah karbohidrat dan kaya karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, yakni roti putih, nasi putih, pizza, muffin, biskuit, pancakes, serta roti hot dog dan burger. Sedangkan, makanan yang rendah karbohidrat dan kaya karbohidrat kompleks, ialah  kacang, roti gandum, beras merah, serta oats dan biji-bijian lain.

Keempat, sesuaikan kebutuhan diet karbohidrat. Hal ini harus disesuaikan dengan gaya hidup dan aktivitas yang berbeda-beda pada setiap orang.

Misalnya, orang yang aktif, diperbolehkan mengkonsumsi banyak karbohidrat, karena akan mengubah karbohidrat sebagai gula yang menjadi bahan bakar sebagai energi beraktivitas.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES