Peristiwa Daerah Mudik 2017

Pemudik Wajib Tahu, Tol Brebes -Batang Hanya Dibuka Siang Hari

Sabtu, 24 Juni 2017 - 11:22 | 68.88k
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Jalur Fungsional Tol (JTF) Brebes - Batang. (Foto: TIMES Indonesia)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau Jalur Fungsional Tol (JTF) Brebes - Batang. (Foto: TIMES Indonesia)
FOKUS

Mudik 2017

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jalur Fungsional Tol (JTF) Brebes - Batang yang digunakan sebagai arus mudik lebaran 2017 kini berubah menjadi jalur jalan darurat arus mudik. Karena belum sepenuhnya siap, jalur ini mulai kemarin dibuka khusus siang hari saja mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Demikian ditegaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya memantau arus mudik di Exit Tol Gringsing Batang, Rabu (21/6). 

Sebelumnya rombongan Menteri Perhubungan dan Ka. Basarnas melakukan perjalanan darat dari Pemalang hingga Gringsing Batang untuk merasakan langsung jalur tol fungsional. Budi Karya menyatakan jalur tersebut hanya akan digunakan pada siang hari saja karena bersifat sementara.

tol-batang-menhuberwanW3Iyn.jpg

"Kami merekomendasikan untuk mulai hari ini jalur tol fungsional dibuka siang hari saja mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore," jelasnya.

Jaringan cowasjp.com melaporkan, Kapolda Jateng, Condro Kirono yang satu rombongan mengungkapkan bahwa tol Brebes-Grinsing Batang belum siap dilewati malam hari. "Mulai jam 6 sore jalur akan kami tutup dan memberikan kesempatan bagi Waskita Karya untuk melakukan perbaikan, kemudian akan kami buka lagi pukul 6 pagi," kata Condro.

Dia berharap pengemudi melajukan kendaraannya pada kecepatan maksimal 50 km/jam. Sebab jika di atas itu laju mobil tidak akan stabil. Apalagi Jawa Tengah ini adalah titik lelahnya pemudik. "Jadi diharapkan pemudik melalui jalur darurat ini hanya pada siang hari. Namun kami tetap Siaga 24 jam di jalur darurat," terang Condro.

tol-batang3Qhop.jpg

Di hadapan rombongan menteri perhubungan Budi Karya Sumadi dan kepala Badan SAR Nasional beserta jajarannya, para rescuer Basarnas unjuk kemampuan dalam melakukan penyelamatan pemudik yang mengalami gangguan kesehatan.

Selain dari Basarnas, simulasi tersebut juga melibatkan beberapa unsur seperti TNI, Polri, PMI serta Potensi SAR lainnya. Disimulasikan adanya korban yang mengalami henti jantung saat mengalami kemacetan luar biasa sehingga dilakukan evakuasi medis udara menggunakan helikopter Dauphin milik Basarnas.

tol-batang2NdoBu.jpg

"Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh basarnas,  oleh kepolisian di Gringsing ini. Ini seperti satu pusat kegiatan layanan masyarakat yang InsyaAllah membuat layanan ini hebat dan semoga Allah memberikan pertolongan kepada kita," tambah Budi Karya.

Hingga H-3 kemarin arus mudik lebaran Pantura dari arah barat untuk sementara dialihkan ke jalur lingkar Weleri mengantisipasi kepadatan di depan pasar Weleri. Sementara untuk pemudik tujuan Jogjakarta yang hendak menggunakan jalur alternatif, bisa melalui kota Weleri dan belok kanan ke arah Sukorejo.

tol-batang1Xa73.jpg

Dari pantauan di pos pam Larasati Weleri Kendal, kendaraan yang masuk ke Kabupaten Kendal Jawa Tengah meningkat sejak Rabu (21/6) malam H-4. Arus lalu lintas didominasi mobil pribadi plat B mulai masuk di pertigaan jalan lingkar Weleri.Kemudian, oleh petugas dialihkan ke jalan lingkar untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan terutama di jembatan Kalikuto perbatasan Kabupaten Batang dengan Kabupaten Kendal supaya  tidak macet.

Kepala Pos Pam Larasari  AKP Ujang Syamsudin mengatakan, untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di jalan pantura kota Weleri dilakukan rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan seluruh kendaraan ke jalur lingkar. Kepadatan arus lalu lintas mulai terlihat dalam satu hari sebanyak tiga hingga empat kali penumpukan kendaraan. Terutama petang hari kendaraan keluar tol exit Gringsing meningkat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Sukmana
Sumber : CoWasJP.com

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES