Gaya Hidup

4 Tips Rampingkan Perut Tanpa Olahraga Saat Lebaran

Minggu, 25 Juni 2017 - 08:15 | 32.15k
ILUSTRASI: Rampingkan perut (Foto: istimewa)
ILUSTRASI: Rampingkan perut (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Merayakan lebaran tentu menjadi momen penting bagi kebanyakan orang yang merayakannya. Bahkan, banyak kesibukan merayakan lebaran bersama kerabat dan keluarga besar membuat setiap orang sering kali lupa akan olahraga dan pengaturan makanan. 

Seperti yang diketahui olahraga dan pengaturan makanan memiliki peran penting dalam membuat perut menjadi lebih langsing. Berikut tips yang dirangkum TIMES Indonesia dari Shape untuk merampingkan perut tanpa olahraga.

1. Hindari minuman manis secara berlebihan. 

Menurut juru bicara nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetics, Robin Foroutan mengatakan minuman manis menambah 27 persen lemak dibandingkan minuman tak manis. Penelitian jurnal Circulation yang dilakukan selama enam tahun, pada orang yang minum minuman manis setiap hari, seperti soda, jus yang ditambah gula, kopi dan smoothies mengandung banyak gula yang menyebabkan perut buncit.

Karena itu, Foroutan pun menyarankan jus sayur untuk mengurangi konsumsi gula. Ia juga mengimbau untuk meminum teh hijau tanpa gula untuk mempercepat metabolisme. Karena senyawa teh dalam teh hijau, teh hitam dan oolong bermanfaat membantu mengurangi lemak di perut.

2. Sempatkan berlatih meditasi

Menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine menemukan bahwa orang yang penuh kesadaran cenderung 25 persen kurang buncit di perut. Tak hanya itu, stress yang dialami terus menerus menyebabkan tubuh mengeluarkan kortisol, hormon yang mempercepat penumpukan lemak di perut, terutama pada pria. 

Karena itu, pelatih kebugaran Kristen Beverly-Waters, pemilik Thryve, perusahaan kebugaran, yoga dan kebugaran online menyarakan untuk melakukan meditasi sederhana untuk mengurangi ketegangan stres.

"Fokuskan pikiran di perut sebagai fondasi energi dan kekuatan dengan menutup mata dan letakkan tangan di perut. Bernapas dalam lewat hidung selama lima menit atau lebih jika punya waktu," terang Thryve.

3. Renggangkan perut di saat santai

Meski memiliki aktivitas padat selama lebaran, sempatkan sejenak dengan beberapa menit meregangkan punggung di atas bola fitness atau lakukan spinal twist di lantai. Hal ini akan melatih perut untuk memperbaiki jangkauan gerak.

"Peregangkan perut dapat memperbaiki latihan perut dengan memperbaiki jangkauan gerakan," kata ahli biomekanik Katy Bowman dalam bukunya Move Your DNA.

4. Sempatkan makan malam dengan sayur

Sebuah studi di Diabetic Medicine menemukan bahwa penderita diabetes tipe 2 yang berdiet dengan makan vegetarian di malam hari dan mengombinasikan dengan olahraga aerobik intensitas sedang, dapat mengalami penurunan lemak perut lebih banyak. 

Menurut studi tersebut, pola makan ini lebih baik menurunkan lemak dibandingkan yang makan pola makan rendah karbohidrat biasa. Karena, menggeser konsumsi kalori di siang hari dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES