Ekonomi

H-3 Lebaran, Stok LPG di Blitar Aman

Kamis, 22 Juni 2017 - 15:18 | 34.53k
Satgas Pangan Polres Kota Blitar saat pantau stok elpiji di agen Kota Blitar. (Foto: Nana Ariani/TIMES Indonesia)
Satgas Pangan Polres Kota Blitar saat pantau stok elpiji di agen Kota Blitar. (Foto: Nana Ariani/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang H-3 Lebaran stok LPG di Blitar, Jawa Timur aman. Dalam sidak satgas pangan Polres Blitar Kota di Agen SPBE di Jalan Ciliwung, petugas mengimbau warga mewaspadai adanya pengoplosan LPG oleh pengusaha nakal.

"Stok aman dan ada tambahan 2 Delivery Order (DO) tiap hari. Harga juga tidak ada kenaikan. Untuk melon di tingkat agen Rp 14.500 sampai pangkalan Rp 16.000. Di tingkat konsumen antara Rp 18 ribu sampai 20 ribu karena ada biaya angkutnya ," kata KBO Reskrim Polres Blitar Kota, Ipda Dhany Ardiansyah pada wartawan, Kamis (22/6/2017).

Satgas pangan Polres Kota Blitar, kata Dhany, belum ada penemuan pengoplosan gas LPG. Namun ada beberapa laporan terkait distribusi gas melon atau LPG ukuran 3 kg yang perlu diklarifikasi lebih lanjut lagi.

Informasi yang dihimpun, kenaikan permintaan Lpg 3 kg jelang lebaran belum terlalu signifikan, hanya 3 persen.

"Permintaan untuk LPG melon belum terlalu tinggi. Jika hari biasa konsumsi warga Blitar Kabupaten Kota sebanyak 22 ribu tabung, sejak seminggu lalu naik menjadi 25 ribu per hari ," jelas Manager Agen Lpg Kota Blitar, Rahardian Eka Priyanto.

Kenaikan permintaan untuk LPG subsidi bagi rakyat miskin itu justru diprediksi akan meningkat tajam pada H-1 Lebaran dan sesudahnya. Sementara untuk bright gas, permintaan masih stagnan rata-rata 200 tabung tiap hari. LPG yang diperuntukkan bagi PNS ini dijual di agen seharga Rp 60 ribu. Tiba di pangkalan dijual seharga Rp 63.500 dan sampai ke konsumen berkisar di harga Rp 68 ribu.

"Pertamina sudah mengantisipasi kenaikan permintaan LPG melon ini sudah lama. Bahkan sejak bulan Februari sampai April, kami di agen telah digelontor stok supaya tidak terjadi kelangkaan yang berakibat pada penimbunan dan melonjaknya harga barang," ungkap Rahardian.

Kemudahan mendapatkan LPG melon ini memang diakui beberapa warga baik Kabupaten maupun Kota Blitar yang sempat ditemui di beberapa toko kelontong.

"Sejak sebulan lalu malah lebih gampang. Di semua warung ada stok gak seperti bulan-bulan sebelumnya. Jadi gak was-was mau lebaran nanti ," aku Ana Akina (37) warga Sumber Asri Kec Nglegok Kabupaten Blitar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES