Ekonomi

Jelang Lebaran, Harga Daging di Banyuwangi Kembali Merangkak Naik

Kamis, 22 Juni 2017 - 14:20 | 35.70k
Pedagang daging sapi di pasar Blambangan, Banyuwangi, Saiful Bahri. (Foto: Hafil Ahmad/ TIMES Indonesia)
Pedagang daging sapi di pasar Blambangan, Banyuwangi, Saiful Bahri. (Foto: Hafil Ahmad/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah, lonjakan harga kembali terjadi pada komoditi daging sapi di pasar daging, Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kapada TIMES Indonesia pedagang daging sapi di pasar Blambangan, Saiful Bahri (52) menuturkan, kenaikan harga jual daging sapi dikarenakan biaya produksi yang dikeluarkan terus bertambah. Faktor lainnya adalah tingginya permintaan dari konsumen daging.

"Selain permintaan tinggi, upah para karyawan juga minta dinaikkan. Seperti tukang boleng kulit, kalau hari biasa upahnya sebesar Rp 125 ribu untuk 2 ekor sapi. Sejak H-5 lebaran mereka minta upahnya dinaikkan antara 30 sampai 50 persen," katanya, Rabu (21/6/2017).

Otomatis, lanjut Saiful Bahri, jika ongkos produksi naik harga jual ke tengkulak juga ikut naik. Diprediksi kenaikan harga daging antara Rp 3 ribu sampai Rp 7 ribu per kilogram.

"Dari H-1 Idul Fitri, karyawan saya minta dinaikkan separuh dari gaji hari biasanya. Nominalnya 195 ribu, dibulatin 200 ribu lah. Untuk saat ini saya oper daging pada penjual antara Rp 110 ribu sampai Rp 120 ribu per kilogram," ungkap pedagang asal Kelurahan Singonegaran ini.

Hal yang sama juga disampaikan pedagang daging ayam, Misiyati (34). Menurutnya, naiknya harga menjelang lebaran sudah menjadi tradisi tahunan.

“Kalau saya hanya penjual mas, setiap hari mendapat kiriman daging ayam dari jagal. Dua hari yang lalu per kilonya Rp 30 ribu, sekarang sudah Rp 32 ribu per kilogramnya. Kalau dari penjagal harganya naik, ya kita ikut naik,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES